Katedral Buenos Aires

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Metropolitan Buenos Aires
Gereja Katedral Metropolitan Tritunggal Mahakudus di Buenos Aires
Spanyol: Catedral Metropolitana de Buenos Aires
Katedral Metropolitan Buenos Aires
LokasiBuenos Aires
NegaraArgentina
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiTritunggal Maha Kudus
Tanggal konsekrasi1791
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Selesai1791
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Buenos Aires

Katedral Metropolitan Buenos Aires (Spanyol: Catedral Metropolitana de Buenos Aires) adalah sebuah gereja katedral Katolik utama yang terletak di kota Buenos Aires, ibu kota Argentina.

Terletak di pusat kota, menghadap Plaza de Mayo, di sudut jalan San Martín dan Rivadavia, di Lingkungan San Nicolás. Katedral ini merupakan gereja induk dari Keuskupan Agung Buenos Aires dan gereja primatial di Argentina.

Sejarah dan arsitektur[sunting | sunting sumber]

Katedral Buenos Aires dibangun kembali beberapa kali sejak didirikan pada abad ke-16. Bangunan yang ada saat ini merupakan campuran gaya arsitektur, dengan bagian tengah dan kubah abad ke-18 serta Neoklasik fasad abad ke-19 yang parah tanpa menara. Interiornya menyimpan patung dan dekorasi altar abad ke-18 yang berharga, serta dekorasi Neo-Renaissance dan Neo-Baroque yang berlimpah.

Asal[sunting | sunting sumber]

Kesan katedral oleh Charles Pellegrini, 1829

Selama pendirian definitif Buenos Aires oleh Juan de Garay pada tahun 1580, sebagian blok yang menghadap alun-alun utama disediakan untuk gereja besar di kota tersebut. Ini masih menjadi lokasi Katedral saat ini, yang merupakan bangunan terakhir dari rangkaian gereja sebelumnya yang menempati situs tersebut.

Pada saat didirikan, gereja ini bergantung pada keuskupan Asunción (sekarang di Paraguay). Gereja utama pertama di Buenos Aires merupakan sebuah bangunan sederhana yang terbuat dari kayu dan adobe, dan digantikan oleh yang baru pada tahun 1605 oleh Gubernur Hernandarias. Bangunan kedua ini juga terancam runtuh pada tahun 1616 dan harus dibangun kembali, sesuatu yang dilakukan sekitar tahun 1618. Pada tahun 1620, Buenos Aires dijadikan pusat keuskupan oleh Paus Paulus V . Gereja utamanya kemudian berstatus katedral.

Setelah tahun 1662, katedral ini dibangun kembali di bawah kepemimpinan uskup Cristóbal de la Mancha y Velazco dan gubernur José Martínez de Salazar, dan diresmikan kembali pada tahun 1671. Katedral sekarang memiliki tiga bagian tengah yang ditutupi oleh atap kayu dan sebuah menara. Karena kualitas bahan bangunannya yang buruk, menara dan atap gereja ini runtuh pada awal tahun 1680-an. Seluruh gereja dibangun kembali, mulai tahun 1684, di bawah kepemimpinan uskup Azcona Imberto. Pada tahun 1695 bangunan ini hampir selesai, dengan menara mengapit bagian depan dan sakristi masih harus diselesaikan.

Pada awal abad ke-18 pengerjaannya berjalan lambat, dan menara pertama baru selesai sekitar tahun 1721. Menara kedua dimulai pada tahun 1722 dan selesai sekitar tahun 1725. Fasad utama didesain ulang antara tahun 1725 dan 1727 oleh seorang pastor Yesuit Italia, Giovanni Bianchi (juga dieja Blanqui). Desain fasad baru terinspirasi langsung oleh Arsitektur Mannerist Italia.

Bangunan tetap[sunting | sunting sumber]

Katedral seperti yang terlihat pada tahun 1876. Foto oleh Christiano Junior

Pada malam tanggal 23 Mei 1752, bagian tengah katedral runtuh. Satu-satunya bagian yang masih berdiri hanyalah fasad dan menara, tetapi sisa bangunan perlu dibangun kembali sepenuhnya. Arsitek Italia Antonio Masella ditugaskan untuk bertanggung jawab atas proyek ini, dan pengerjaannya sudah dimulai pada tahun 1753. Masella merancang sebuah gereja megah, jauh lebih besar dari struktur sebelumnya, dengan bagian tengah tiga lorong yang ditutupi dengan kubah barel dan kapel lateral. Sebuah kubah akan ditempatkan di atas penyeberangan. Namun, setelah kubah selesai dibangun, retakan pada struktur terdeteksi dan harus dibangun kembali. Masella dikeluarkan dari proyek tersebut dan dituntut oleh pihak berwenang, meskipun kemudian dibebaskan.

Kubah ini dibangun kembali oleh arsitek Portugis Manuel Álvarez de Rocha setelah tahun 1770. Bagian depan oleh Blanqui dan menaranya akhirnya dibongkar pada tahun 1778, karena terlalu kecil dibandingkan dengan skala katedral baru. Sebuah proyek elegan untuk fasad baru dengan dua menara mengapit, menggabungkan elemen Rococo dan Neoklasik, dipresentasikan oleh insinyur militer Portugis José Custódio de Sá e Faria, tetapi kendala keuangan menghalangi realisasi proyek. Katedral ini ditahbiskan pada tahun 1791 tanpa fasad.

Fasad utama tahun 1899, dengan kubah selesai

Pembangunan fasad dimulai pada awal abad ke-19 yang disutradarai oleh arsitek Spanyol Tomás Toribio, namun proyek tersebut tidak mengalami kemajuan pesat. Baru pada tahun 1821, di bawah Gubernur Martín Rodríguez dan Menterinya Bernardino Rivadavia, rencana penyelesaian katedral ditanggapi dengan serius. Mulai tahun 1826, arsitek Prancis Prosper Catelin dan Pierre Benoit membangun fasad Neoklasik baru untuk katedral yang terinspirasi oleh Palais Bourbon di Paris. Konstruksi dihentikan sementara pada tahun 1827, dan ketika dilanjutkan kembali, kemajuannya lambat hingga penyelesaian akhirnya. Fasad bangunan terdiri dari serambi tinggi, terinspirasi oleh Arsitektur Klasik, dengan dua belas kolom dan pedimen segitiga di atasnya. Serambi membuat bangunan tersebut tampak seperti kuil kuno daripada gereja Katolik. Proyek awal tidak memerlukan pembangunan menara dan, meskipun kemudian ada rencana untuk membangun dua menara, rencana tersebut tidak pernah terwujud.

Dekorasi fasad baru selesai antara tahun 1860 dan 1863, ketika pematung Perancis Joseph Dubourdieu membuat relief pedimen. Adegan tersebut mewakili reuni Yusuf dengan saudara laki-laki dan ayahnya Yakub di Mesir, dan dimaksudkan sebagai kiasan kesatuan Bangsa Argentina setelah beberapa perang pembunuhan saudara. Dubourdieu juga menyelesaikan ibukota Korintus kolom serambi.

Interior[sunting | sunting sumber]

Nave utama

Katedral Buenos Aires merupakan bangunan berbentuk salib Latin dengan transept dan tiga lorong dengan kapel samping yang dihubungkan oleh koridor. Awalnya interiornya hanya dihiasi dengan altar, tetapi pada akhir abad ke-19 dinding dan langit-langit gereja dihiasi dengan lukisan dinding yang menggambarkan adegan alkitabiah yang dilukis oleh Francesco Paolo Parisi. Pada tahun 1907, lantai katedral ditutupi dengan mosaik bergaya Venesia yang dirancang oleh Carlo Morra dari Italia. Pekerjaan perbaikan seluruh lantai dimulai pada tahun 2004 dan selesai pada tahun 2010.

Kapel San Luis Gonzaga

Katedral ini masih memiliki beberapa elemen yang berasal dari zaman kolonial. Yang paling penting adalah altar kayu emas utama dalam gaya Rococo, berasal dari tahun 1785 dan dibuat oleh pematung Spanyol Isidro Lorea. Altar menempati kapel utama dan memiliki patung Perawan Maria dan representasi Tritunggal Maha Kudus di kanopi.

Patung kolonial terkenal lainnya ialah Patung Kristus dari Buenos Aires, sebuah gambar besar Kristus yang disalibkan yang terletak di altar lengan lateral transept. Patung tersebut diukir oleh pematung Portugis Manuel do Coyto pada tahun 1671 dan merupakan patung tertua di katedral. Menurut umat beriman, secara ajaib telah menyelamatkan kota dari banjir pada abad ke-18.

Dua mimbar katedral, dalam gaya transisi Rococo-Neoklasik, dibuat pada tahun 1789-1790 oleh pematung Spanyol Juan Antonio Gaspar Hernández, yang kemudian (1799) mengarahkan sekolah seni pertama di Buenos Aires.

Walcker organ tahun 1871 (Opus 263) ada di bagian chorus. Organ ini memiliki lebih dari 3500 pipa, dan dibuat di Jerman dengan bahan terbaik yang tersedia pada saat itu. Organis Titularnya adalah Tuan Enrique Rimoldi, yang secara berkala menawarkan konser organ secara gratis. Organ ini cukup terpelihara dengan baik dan intonasinya dijaga sedekat mungkin dengan aslinya. Saat ini diakui sebagai salah satu Organ Walcker terbaik yang pernah diproduksi.

Katedral itu sendiri juga bisa dianggap sebagai museum bergambar. Misalnya untuk Calvarium (14 stasiun Salib, selalu ada di gereja Katolik mana pun), ada 14 gambar megah, dibuat "al óleo", yaitu dengan lukisan cat minyak dan kanvas tradisional, semuanya asli, dengan dimensi lebih dari 15 x 1 meter (49,2 x 3,3 ft) masing-masing.

Mausoleum Jenderal San Martín[sunting | sunting sumber]

Makam Jenderal San Martín dijaga oleh patung yang mewakili Argentina, Peru dan Chili

Pada tahun 1880, jenazah Jenderal José de San Martín dibawa dari Perancis dan ditempatkan di mausoleum, dapat dicapai dari lorong kanan gereja.[1] Mausoleum ini dirancang khusus oleh pematung Perancis Albert-Ernest Carrier-Belleuse, dengan marmer berbagai warna. Sarkofagus hitam dijaga oleh tiga sosok wanita seukuran aslinya yang mewakili Argentina, Chili dan Peru, tiga wilayah yang dibebaskan oleh Jenderal. Mausoleum ini juga memiliki sisa-sisa Jenderal Juan Gregorio de las Heras dan Tomás Guido, serta sisa-sisa Prajurit Kemerdekaan Tak Dikenal.

Paus Fransiskus[sunting | sunting sumber]

Paus Fransiskus dahulunya merupakan Uskup Agung Buenos Aires selama 15 tahun.[2] Kemudian dikenal sebagai Uskup Agung Jorge Bergoglio, dulu beliau mengadakan misa di katedral ini sebelum pindah ke Vatikan pada tahun 2013. Katedral ini menampung Museum Paus Fransiskus, yang menyimpan beberapa benda pribadi dan liturgi Paus.[3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 34°36′27″S 58°22′24″W / 34.607408°S 58.373277°W / -34.607408; -58.373277

Pranala luar[sunting | sunting sumber]