Katedral Bitonto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Bitonto
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Concattedrale di Maria SS. Assunta
Katedral Bitonto
LokasiBitonto
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Bari-Bitonto

Katedral Bitonto (bahasa Italia: Duomo di Bitonto, Concattedrale di Maria SS. Assunta)[1] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Bitonto di Provinsi Bari, Italia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Ubin Griffin dari gereja sebelumnya, di ruang bawah tanah sekarang

Katedral, yang didedikasikan untuk Santa Maria, adalah tempat kedudukan Keuskupan Bitonto kecil sejak pendirian keuskupan, yang diyakini berasal dari abad ke-8, hingga tahun 1818, ketika katedral tersebut didirikan. digabungkan dengan tetangganya Keuskupan Ruvo untuk membentuk Keuskupan Ruvo e Bitonto. Keuskupan ini dipisahkan lagi pada tahun 1982, dan Keuskupan Bitonto, dengan Katedral Bitonto sebagai pusatnya, dihidupkan kembali sebentar, namun digabungkan dengan Keuskupan Agung Bari pada tahun 1986 untuk membentuk Keuskupan Agung Bari-Bitonto , di mana Katedral Bitonto sekarang menjadi kon-katedral.

Struktur[sunting | sunting sumber]

Ambo

Sisa-sisa gereja paleokristen, yang beberapa abad mendahului berdirinya keuskupan, telah ditemukan di bawah bangunan yang sekarang.

Namun gereja yang ada adalah bangunan Basilika San Nicola di Bari. Bagian depan barat dibagi menjadi tiga bagian dan memiliki tiga portal (yang di tengah dipahat dengan motif tumbuhan dan pemandangan dari Perjanjian Lama), empat jendela berjendela dan jendela mawar diapit oleh pahatan patung hewan didukung oleh kolom kecil. Interiornya memiliki bagian tengah dan dua lorong, dan juga terkenal karena pahatannya. Karya seni utamanya adalah marmer ambo, gabungan mimbar dan lectern, tahun 1229, sebuah mahakarya pahatan batu Apulia abad pertengahan. Di ruang bawah tanah terdapat ubin griffin, peninggalan dari gedung gereja pendahulunya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Concattedrale di Maria SS. Assunta, Bitonto, Bari, Italia". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-11-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]