Katedral Belo Horizonte

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Belo Horizonte
Katedral Kristus Raja
Catedral Cristo Rei
Katedral Belo Horizonte dalam tahap pembangunan
LokasiBelo Horizonte
NegaraBrasil
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalsedang dibangun
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Belo Horizonte

Katedral Belo Horizonte yang bernama resmi Katedral Kristus Raja,[1] (Portugis: Catedral Cristo Rei) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang saat ini sedang dibangun, terletak di Belo Horizonte, Minas Gerais, di Brasil.[2] Bangunan ini merupakan proyek terbaru dari arsitek ternama Oscar Niemeyer[3] untuk kota tersebut dan akan menjadi markas besar Keuskupan Agung Belo Horizonte.

Katedral ini didedikasikan untuk Kristus Raja, menurut pemilihan Uskup Antonio dos Santos Cabral, yang tiba di Belo Horizonte pada tahun 1922 untuk melantik keuskupan di ibu kota. Usulan awal untuk lokasi katedral saat ini adalah di Milton Campos Square, di puncak Afonso Pena Avenue, di wilayah selatan dan tengah Belo Horizonte, pada saat hanya ada tiga gereja di Belo Horizonte: Bunda Perjalanan Baik, pusat kedudukan sementara keuskupan, Gereja Santo Yosef dan Gereja Bunda Rosario, namun lokasi yang dipilih untuk bangunan tersebut adalah a plot di Cristiano Machado Avenue di utara kota.

Pekerjaan yang didanai oleh sumbangan ini dimulai pada tahun 2013 dan diharapkan selesai pada tahun 2020.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Kristus Raja di Belo Horizonte
  2. ^ "Catedral Cristo Rei inicia nova etapa de obras em Belo Horizonte". Minas Gerais (dalam bahasa Portugis). 2015-05-14. Diakses tanggal 8 Februari 2017. 
  3. ^ Minas, Estado de (2016-08-02). "Última obra de Oscar Niemeyer, nova catedral de BH chega a nova etapa graças a doações". Estado de Minas (dalam bahasa Portugis). Diakses tanggal 8 Februari 2017.