Katedral Bazas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Bazas
Katedral Santo Yohanes Pembaptis
Prancis: Cathédrale Saint-Jean-Baptiste de Bazas
Katedral Bazas
LokasiBazas
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Bordeaux

Katedral Bazas (Prancis: Cathédrale Saint-Jean-Baptiste de Bazas) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Bazas, Gironde, Prancis. Katedral ini adalah monumen nasional.[1]

Bazas merupakan kedudukan Keuskupan Bazas hingga Revolusi Perancis (yang setelahnya tidak dipulihkan namun, berdasarkan Konkordat 1801, dibagi antara keuskupan Bordeaux, Agen dan Aire) dan daya tarik utamanya masih berupa katedral yang didedikasikan untuk Santo Yohanes Pembaptis, dinamakan demikian karena darah Yohanes Pembaptis dihormati di sini. Katedral mendominasi kota dan berdiri di ujung timur sebuah ruang terbuka lebar yang disebut parvis.

Katedral ini sebagian besar dibangun pada abad ke-13-14, dan dibangun berdasarkan model katedral-katedral besar Gotik di Prancis utara. Bagian depan barat unik dengan tiga tingkat yang terlihat: yang pertama mencakup tiga portal Gotik yang mempertahankan sebagian dari patung asli abad ke-13; yang kedua mencakup jendela mawar dari tahun 1537; dan yang ketiga adalah atap pelana Neoklasik dari tahun 1723. Menara tempat lonceng bergantung di utara adalah bagian dari abad ke-11 hingga pembukaannya.

Bagian dalamnya terdiri dari bagian tengah yang panjang dan sempit, tanpa transept, dan seluruhnya dibangun kembali dari tahun 1583 hingga 1635 setelah Huguenot merusaknya dengan parah pada tahun 1561 selama Perang Agama.

Katedral ini merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia Rute Santiago de Compostela di Prancis.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Base Mérimée: Ancienne cathédrale, dite église Saint-Jean, Ministère français de la Culture. (dalam bahasa Prancis)
  2. ^ 868 - Chemins de Saint-Jacques de Compostelle en Prancis, Unesco, 2016.