Katedral Bangalore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Bangalore
Katedral Santo Fransiskus Xaverius
ಸೇಂಟ್ ಫ್ರಾನ್ಸಿಸ್ ಕ್ಸೇವಿಯರ್ ಕ್ಯಾಥೆಡ್ರಲ್
Katedral Bangalore
LokasiBangalore
NegaraIndia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Bangalore
Klerus
Uskup AgungYang Mulia Mgr. Peter Machado

Katedral Bangalore yang bernama resmi Katedral Santo Fransiskus Xaverius (ಸೇಂಟ್ ಫ್ರಾನ್ಸಿಸ್ ಕ್ಸೇವಿಯರ್ ಕ್ಯಾಥೆಡ್ರಲ್) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Bangalore, India. Awalnya, Bangalore merupakan pusat dari Keuskupan Mysore dari tahun 1886 hingga 1940 dan pada masa ini, gereja St. Patrick di Bangalore menjadi katedral keuskupan tersebut.[1] Saat keuskupan Mysore dipecah menjadi dua pada 13 Februari 1940 untuk membentuk keuskupan Bangalore, gereja Santo Fransiskus Xaverius dipilih sebagai katedralnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja pertama dibangun pada tahun 1851 oleh misionaris Perancis dari Société des Missions Etrangères de Paris.[2] Karena peningkatan besar populasi umat Katolik, gereja ini akhirnya menjadi tidak memadai. Oleh karena itu pada tahun 1911, peletakan batu pertama untuk gereja baru. Gereja ini diresmikan pada tanggal 26 Mei 1932, yang kemudian menjadi katedral pada tahun 1940. Dua kubah baru pada fasadnya diresmikan pada yubileum platinum pada tahun 2009. Bangalore uskup agung Bernard Moras mendedikasikan kembali gereja tersebut katedral ke Fransiskus Xaverius. Kubah telah dibangun bersamaan dengan beberapa renovasi lainnya. Meskipun merupakan bagian dari rencana awal katedral, namun tidak dapat diselesaikan karena kurangnya dana.[3]

Kompleks besar katedral memiliki tiga sekolah: St. Aloysius', St. Anthony dan St. Rock's. Ada juga gereja yang didedikasikan untuk St. Anthony.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rediscovering Bangalore's Museum Road – DNA
  2. ^ St. Francis Katedral Xavier , Bangalore
  3. ^ "Dua kubah baru diresmikan di Katedral St Francis Xavier". Diakses tanggal 17 Agustus 2018.