Katedral Bahía Blanca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Bahía Blanca
Katedral Bunda Pengasih
Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de la Merced de Bahía Blanca
Katedral Bahía Blanca
LokasiBahía Blanca
NegaraArgentina
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Bahía Blanca

Katedral Bunda Pengasih [1] (Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de la Merced de Bahía Blanca) juga disebut Katedral Bahía Blanca adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di jantung Bahia Blanca di Negara Amerika Selatan Argentina. Merupakan bangunan yang dilindungi karena diklasifikasikan sebagai Monumen Bersejarah Provinsi. Virgen de la Merced adalah pelindung Keuskupan Agung Bahía Blanca.[2]

Bangunan ini diarahkan oleh Dr. Sixto Laspiur, sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan gereja paroki perkotaan. Meskipun ada upaya, ruang tersebut hanya berfungsi sampai tahun 1895. Sejak tahun itu hingga tahun 1900, arsitek Luis Prepani akan bertanggung jawab menyelesaikan proyek tersebut. Namun dibuka tanpa lengkap karena hanya ada kapal dan hanya ditambah menara lonceng pada tahun 1903. Kedua lorong tersebut hilang, diselesaikan oleh pembangun Antonio Gerardi antara tahun 1916 hingga 1920. Akhirnya pada tahun 1929 difungsikan menara lonceng. dan jam berdiri.

Karena letaknya yang berada di pusat sejarah kota dan nilai budayanya, maka dipandang perlu untuk melestarikan bangunan, memberi nama Tugu dan menonjolkan fasilitasnya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]