Katedral Baeza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Baeza
Katedral Kelahiran Bunda Maria
Spanyol: Catedral de la Natividad de Nuestra Señora de Baeza
Katedral Baeza
LokasiBaeza
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
PendiriSiglo XIV - Siglo XVI
Arsitektur
StatusParoki
Status fungsionalAktif
Tipe arsitekturgereja
GayaRenaissance, Gotik
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Jaén

Katedral Baeza (Spanyol: Catedral de Baeza), atau secara lengkap Katedral Maria Diangkat ke Surga Baeza (Spanyol: Catedral de la Asunción de la Virgen) (sebelumnya Catedral de la Natividad de Nuestra Señora de Baeza), adalah sebuah gereja Katolik yang terletak di Baeza, Andalusia, selatan Spanyol. Katedral ini terletak di Plaza de Santa Maria.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Panti umat tengah

Gereja ini adalah katedral takhta episkopal dari Keuskupan Baeza, yang memiliki periode Visigoth, dibubarkan setelah beberapa waktu di bawah pemerintahan Moor dan segera dipulihkan setelah Reconquista di bawah Kerajaan Kastilia pada abad ketiga belas, tetapi ditindas selamanya, dan tidak pernah lagi mendapatkan kembali status (bersama) katedral.

Situs ini, seperti halnya tanah, bergantian antara masjid dan gereja selama abad ke-12 dan ke-13. Apse masih mempertahankan dekorasinya Gotik, tetapi pada abad ke-16, rekonstruksi besar-besaran oleh Andrés de Vandelvira dalam gaya Renaissance menciptakan gereja yang sekarang.[1] Pembangunan katedral akhirnya berakhir pada tahun 1593, tak lama setelah kematian Andrés de Vandelvira.[2]

Gereja ini merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO dengan monumen lain di Baeza dan di kota terdekat Úbeda.[3] Katedral ini adalah salah satu dari 100 nominasi yang dipilih sebagai 12 Harta Karun Spanyol pada tahun 2007.[4] Gereja ini juga terdaftar di antara Gereja dalam Yubileum Kerahiman Luar Biasa.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Historia y Arte en las Catedrales de España oleh Narciso Casas, halaman 69.
  2. ^ "Katedral Baeza". Diakses tanggal 10-03-2022. 
  3. ^ "Ensemble Monumental Renaisans Úbeda dan Baeza". 
  4. ^ "Daftar 100 finalis Nuestros 12 Tesoros de España".