Katedral Azul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Azul
Katedral Bunda Rosario
Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Rosario
Katedral Azul
LokasiAzul
NegaraArgentina
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Azul

Katedral Bunda Rosario[1] (Spanyol: Catedral de Nuestra Señora del Rosario), disebut juga Katedral Azul,[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang dibangun dengan gaya Gotik, diresmikan pada tanggal 7 Oktober 1906, dan terletak di kota Azul, di tengah provinsi Buenos Aires di negara Argentina di Amerika Selatan.

Katedral ini dirancang oleh insinyur Juan Ochoa, W. Pitman dan Charles Evans Medhurst. Terletak di Jalan San Martin 411 esq. Colón.[3]

Menyoroti lonceng yang mengesankan dan kaca patri bercahaya yang dibawa dari Prancis pada awal abad kedua puluh dan altar utama terdapat gambar Bunda Rosario, pelindung kota.

Pada tahun 1934 Keuskupan Azul dibentuk, dan katedral ini menjadi pusat kedudukan dan takhta keuskupan.[4] Penciptaan ini dibuat oleh bulla kepausan "Nobilis argentinae Nationis Ecclesia", Paus Pius XI. Ini termasuk partai Ayacucho, Blue, Benito Juarez, Bolivar, Jenderal Alvear, Jenderal Lamadrid, Laprida, Las Flores, Olavarría, Rauch, Roque Perez, Saladillo, Tandil dan Tapalqué. Uskup pertama adalah Mons. Cesar Antonio Caneva.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katedral Bunda Rosario
  2. ^ Aeberhard, Danny; Benson, Andrew; Phillips, Lucy (1 Januari 2000). The Rough Guide to Argentina (dalam bahasa Inggris). Rough Guides. ISBN 9781858285696. 
  3. ^ "Iglesia Catedral "Nuestra Señora del Rosario" – Azul". Turismo id Azul. 
  4. ^ "Diócesis de Azul – Azul". Turismo en Azul. Diakses tanggal 2016-10-19.