Katedral Asti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Asti
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Cattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Asti
LokasiAsti
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Asti

Katedral Asti (bahasa Italia: Cattedrale di Santa Maria Assunta e San Gottardo; Cattedrale di Asti) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Asti, Piemonte, Italia.[1] Didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga dan Santo Gotthard, dan dengan panjang 82m serta tinggi dan lebar 24m, adalah salah satu gereja terbesar di Piedmont, ekspresi arsitektur Gotik tertinggi di wilayah tersebut, dan di antara contoh terbaik Lombard Romanesque yang cukup menonjol di Italia utara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kemungkinan besar konstruksi pertama katedral dimulai sekitar abad kelima atau keenam, dan menurut tradisi, katedral tersebut menggantikan serangkaian bangunan sebelumnya termasuk gereja primitif yang dibangun di ruang bawah tanah santo yang menjadi martir, Secundus dari Asti. Di antara bangunan lain yang masih terlihat adalah Gereja Santo Yohanes, yang sekarang digunakan untuk pembaptisan. Sekitar tahun 1070, bangunan tersebut runtuh, sebagian akibat kebakaran yang dilakukan oleh Adelaide dari Susa dalam perselisihannya dengan para uskup. Pada tahun 1095 Katedral yang dibangun kembali ditahbiskan oleh Paus Urbanus II untuk memberitakan perang salib pertama.

Menara lonceng ini dibangun kembali mulai tahun 1266 oleh magister Murator Jacopo Ghigo yang terdiri dari tujuh lantai, ditambah puncak menara segi delapan, dan terlihat di Theatrum Statuum Sabaudiae, sebuah buku tebal yang merupakan hasil dari sebuah proyek ambisius. proyek yang dilakukan oleh Duke Charles Emmanuel II pada tahun 1660-an yang terdiri dari dua volume besar yang diselesaikan dan dicetak tahun 1682 di Amsterdam, oleh penerbit dan kartografer Joan Blaeu. Ini adalah kumpulan gambar tempat dan bangunan di bawah kekuasaan Savoy pada akhir abad ketujuh belas yang pada saat itu meliputi Savoie, Nice, Piedmont, Lembah Aosta, dan Liguria.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cattedrale di S. Maria Assunta, Asti, Asti, Italia". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-11-10.