Katedral Apt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Apt
Katedral Santa Anna
Prancis: Cathédrale Sainte-Anne d'Apt
Katedral Apt
LokasiApt, Vaucluse
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Didirikan1795
DedikasiMaria
Arsitektur
StatusParoki
Tipe arsitekturgereja
GayaRomanesque, Barok
Selesai1810
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Avignon
Klerus
UskupJean-Pierre Cattenoz

Katedral Apt yang bernama resmi Katedral Santa Anna (Cathédrale Sainte-Anne d'Apt) adalah sebuah gereja paroki Katolik dan bekas katedral yang terletak di kota Apt di Provence, Prancis. Sekarang ditetapkan sebagai monumen nasional.

Gereja ini adalah gereja peninggalan Santa Anna. Dulunya merupakan sebuah katedral, dan merupakan tempat kedudukan Uskup Apt hingga Revolusi Perancis. Berdasarkan Konkordat 1801, keuskupan dibagi antara Keuskupan Avignon dan Digne.

Paus Pius IX memberikan dekrit Kepausan tentang penobatan patung Maria yang dihormati melalui Uskup Agung Avignon, Monsinyur Louis Anne Dubreil pada tanggal 9 September 1877. Patung marmer putih yang menggambarkan seorang anak Perawan Maria yang Terberkati terkenal karena merupakan ciptaan terakhir dari pematung religius terkenal, Giovanni Maria Benzoni.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Patung marmer anak Maria dan Saint Anne, diberikan dekrit penobatan kanonik oleh Paus Pius IX kepada Uskup Agung Louie Anne Dubreil pada tanggal 9 September 1877. Marmer putih, oleh Giovanni Maria Benzoni.

Katedral ini diyakini dibangun di lokasi di mana Saint Auspice dimakamkan. Tradisi menyatakan bahwa Auspice menjadi penjaga relik Saint Anne, yang konon dia tempatkan di gua bawah tanah untuk melindungi relik tersebut dari penodaan oleh orang barbar. Gereja menjadi tempat ziarah. Mantan Ratu Perancis, Anne dari Austria datang ke sana pada tahun 1623. Gereja ini merupakan pusat gerejawi di keuskupan Apt, hingga keuskupan tersebut dibubarkan pada tahun 1801.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Katedral ini memadukan berbagai gaya arsitektur dari Romanesque hingga Barok. Ruang bawah tanah bagian bawah adalah bagian dari bangunan asli Romawi abad ke-1, digunakan sebagai tempat ibadah sejak era Carolingian, dan terdiri dari koridor menuju ke lemari besi di mana, menurut legenda setempat, Tabir Saint Anne ditemukan.[1]

Ruang bawah tanah bagian atas dibangun sekitar tahun 1056 dan terdiri dari bagian tengah kecil (sekitar 8 meter atau 26 kaki) dan sebuah apse.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]