Katedral Andria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Andria
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Cattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Andria
LokasiAndria
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Andria

Katedral Andria (bahasa Italia: Duomo di Andria, Cattedrale di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Andria di Apulia, Italia, yang hingga tahun 2009 berada di Provinsi Bari tetapi sejak saat itu menjadi bagian dari Provinsi Barletta-Andria-Trani yang baru dibentuk. Ini didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga dan merupakan tahta Keuskupan Andria.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Katedral yang sekarang dibangun oleh Norman Geoffrey dari Hauteville, penguasa Andria, di atas sebuah gereja kecil sebelumnya pada abad ke-7-8, yang membentuk ruang bawah tanah saat ini. Bangunan ini mengalami pemugaran dan rekonstruksi lebih lanjut pada pertengahan abad ke-14 dengan gaya Gotik Akhir, dan kemudian lagi dalam gaya Barok. Katedral rusak parah akibat kebakaran pada tahun 1916[1] dan dipulihkan kembali pada tahun 1965. Pembangunan kembali yang sering dilakukan telah menjadikan apa yang pada dasarnya adalah gereja Norman sebagian besar Penampilan Gotik akhir.

Ruang bawah tanah, yang didedikasikan untuk Juru Selamat Suci (San Salvatore) - tidak seperti katedral utama, yang didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga - berisi makam dua istri Kaisar Frederick II, Ratu Isabella II dari Yerusalem (Yolande) dan Isabella dari Inggris.[2]

Katedral ini memiliki relik emas yang sangat penting, dan dua lukisan besar abad ke-19 karya Michele de Napoli.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "API MENGHANCURKAN KATEDRAL.; Uskup Diselamatkan dari Api di Andria, Kota Kuno". 19 April 1916 – via NYTimes.com. 
  2. ^ Kisah singkat tentang penggalian dan pemeriksaan peti mati kedua permaisuri oleh Profesor Fornaciari pada tahun 1993, ketika sisa-sisa tak terduga dari beberapa mayat tambahan ditemukan, adalah di sini Diarsipkan 2009-04-03 di Wayback Machine. ((dalam bahasa Italia))