Katedral Amelia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Amelia
Katedral Santo Firminus
bahasa Italia: Concattedrale di S. Firmina
Katedral Amelia
LokasiAmelia
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Terni-Narni-Amelia

Katedral Amelia (bahasa Italia: Duomo di Amelia, Cattedrale di Santa Firmina) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Amelia di provinsi Terni, Umbria, Italia. Dulunya merupakan tempat kedudukan Uskup Amelia, yang sudah ada sejak abad ke-5, namun sejak tahun 1983 telah menjadi kon-katedral di Keuskupan Terni-Narni-Amelia.

Katedral Amelia, didedikasikan untuk Saint Firmina, awalnya dibangun pada tahun 872. Bangunan tersebut dihancurkan oleh pasukan Kaisar Frederick II pada abad ke-13, dan dibangun kembali dalam gaya Gotik. Bangunan itu pun hancur akibat kebakaran pada tahun 1629, dan dibangun kembali dalam bentuk Barok. Fasad cotto berwarna merah muda saat ini baru selesai dibangun pada abad ke-19, setelah gempa bumi dahsyat pada tahun 1822.

Katedral ini memiliki denah dasar Salib Latin dan satu bagian tengah. Peninggalan Santo Firmina dan Olimpiade, santo pelindung kota, dilestarikan di sini. Di kapel samping terdapat dua spanduk Turki yang diambil pada Pertempuran Lepanto pada tahun 1571.

Sejumlah karya seni terkenal disimpan di sini, termasuk penggambaran Perjamuan Terakhir (1538) yang dilukis oleh Giovanni Francesco Perini, makam Geraldini (1476) oleh Agostino di Duccio, Madonna dan Anak yang dikaitkan dengan Antoniazzo Romano, Kapel Farattini yang berisi antara lain monumen pemakaman Baldo Farrattini (uskup Amelia 1558-62) oleh Ippolito Scalza,[1] dan karya Niccolò Circignani, Federico atau Taddeo Zuccari, dan salinan modern dari "Kemartiran Saint Firmina" asli yang dicuri oleh Lavinia Fontana. Ada juga organ dari tahun 1600.

Campanile katedral ini didirikan pada tahun 1050 menggunakan pecahan bangunan Romawi.[2]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kapel Farrattini
  2. ^ "Gambar campanile". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-11.