Katedral Alife

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Alife
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Cattedrale di S. Maria Assunta
Katedral Alife
LokasiAlife
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Alife-Caiazzo

Katedral Alife (bahasa Italia: Duomo di Alife, Cattedrale di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Alife di provinsi Caserta, Campania, Italia. Didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga, itu adalah kedudukan Keuskupan Alife-Caiazzo.

Katedral Alife, pertama kali dibangun pada tahun 1132, sebelumnya didedikasikan untuk Paus Sistus I, yang kemudian menjadi Santo Sixtus, santo pelindung kota. Setelah gempa bumi hebat 1456 dan 1688, katedral ini sebagian besar dibangun kembali dengan gaya Barok, dan dibuka kembali pada tahun 1692.

Namun interiornya tetap mempertahankan elemen penting dari bangunan Lombard-Norman, termasuk dua arcade yang dihiasi dengan patung binatang (termasuk gajah, simbol heraldik kota yang didirikan oleh keluarga d'Aquino, yang memerintah Alife dari tahun 1121 hingga 1269) dan orang-orang kudus. Yang juga menarik adalah ruang bawah tanah Romawi, yang menyimpan peninggalan Santo Sixtus, yang dibawa ke sini oleh Ranulf, Pangeran Alife: ruang ini memiliki denah persegi panjang dan kolom-kolom dari teater Romawi kuno. Beberapa ibu kotanya kuno, sementara yang lain merupakan salinan abad pertengahan dari ibu kota Romawi yang asli.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]