Katedral Alghero

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Alghero
Katedral Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda
bahasa Italia: Cattedrale di Beata Maria Vergine Immaculata Concezione
Katedral Alghero
LokasiAlghero
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Alghero-Bosa

Katedral Alghero yang bernama resmi Katedral Santa Maria Dikandung Tanpa Noda (bahasa Italia: Duomo di Alghero; Cattedrale di Santa Maria Immacolata bahasa Katalan: Catedral de l'Alguer; Catedral de Santa Maria Immaculada), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Alghero di provinsi Sassari, Sardinia, Italia. Terletak di pusat bersejarah kota. Itu adalah kursi Uskup Alghero dari tahun 1503 hingga 1986, dan sejak tahun 1986 menjadi takhta Keuskupan Alghero-Bosa.

Alghero ditetapkan sebagai pusat keuskupan pada tahun 1503 tetapi pekerjaan konstruksi katedral baru dimulai pada tahun 1567. Diresmikan pada tahun 1593 tetapi belum selesai. Setelah beberapa kali restorasi, ia ditahbiskan pada tahun 1730.

Gereja ini awalnya bergaya Catalan-Gotik, seperti yang dapat dilihat pada lima kapel dan ambulatorium di pastoran, yang juga memiliki dasar lonceng berbentuk segi delapan. menara. Namun bagian tengah dan kedua lorongnya bergaya Renaisans Akhir. Altar utama dirancang oleh seniman Genovese Giuseppe Massetti (1727): patung tersebut memperlihatkan Maria Yang Tak Bernoda diapit oleh para malaikat. Dia juga merancang rawat jalan dan mimbar. Pada tahun 1862, narteks Neo-Klasik ditambahkan ke fasad, yang secara dramatis mengubah penampilannya.

Kapel pertama di sisi kanan didedikasikan untuk Sakramen Maha Kudus. Altar marmernya yang megah diresmikan pada tahun 1824. Letaknya di dalam kuil melingkar, mengingatkan Kuil Vesta di Roma.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Francesca Segni Pulvirenti, Aldo Sari. Architettura tardogotica e d'influsso rinascimentale. Nuoro, Ilisso, 1994. ISBN 88-85098-31-2
  • Salvatore Naitza. Architettura dal tardo '600 al classicismo purista. Nuoro, Ilisso, 1992. ISBN 88-85098-20-7
  • Maria Grazia Scano. Pittura e scultura dell'Ottocento. Nuoro, Ilisso, 1997. ISBN 88-85098-56-8