Katedral Alet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Alet
Katedral Perawan Maria Terberkati
Prancis: Cathédrale Notre-Dame d'Alet
Katedral Alet
LokasiAlet
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Carcassonne dan Narbonne

Katedral Alet yang bernama resmi Katedral Bunda Maria (Prancis: Cathédrale Notre-Dame d'Alet) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Alet-les-Bains di Languedoc, Prancis. Katedral berada dalam tradisi arsitektur Gotik.

Katedral Bunda Maria[sunting | sunting sumber]

Keuskupan Alet adalah salah satu dari beberapa keuskupan yang dibentuk pada tahun 1317 setelah penindasan terhadap Kahar. Di Alet para uskup juga merupakan kepala biara dari biara yang sudah ada di sana dan katedral Bunda Maria dibangun di sebelah biara.

Pada tahun 1577 sebagian besar dihancurkan oleh Huguenot selama Perang Agama dan kemudian tidak dibangun kembali. Bangunan besar Gotik dihancurkan atas perintah uskup terakhir, Charles de la Cropte de Chancerac pada tahun 1776. Keuskupan Alet tidak dipulihkan setelah Revolusi Prancis dan oleh Konkordat tahun 1801 parokinya ditambahkan ke Keuskupan Carcassonne.

Reruntuhan batu katedral tetap menjadi pemandangan yang spektakuler.

Katedral Santo Benediktus[sunting | sunting sumber]

Karena katedral utama sudah lama menjadi reruntuhan, sebagian bangunan biara digunakan sebagai pengganti darurat. Tempat ini dikenal sebagai Katedral Santo Benediktus (Cathédrale Saint-Benoît d'Alet).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]