Katedral Aleksandria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Aleksandria
Katedral Santa Katarina
Arab: كاتدرائية سانت كاترين
Katedral Aleksandria
LokasiAleksandria
NegaraMesir
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
Didirikan1856; 167 tahun lalu (1856)
DedikasiSanta Katarina dari Aleksandria
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekSerafino da Baceno
GayaNeo-Barok
Administrasi
KeuskupanVikariat Apostolik Iskandariyah di Mesir

Katedral Aleksandria atau yang bernama resmi Katedral Santa Katarina[1] (Arab: كاتدرائية سانت كاترين) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Aleksandria, Mesir. Katedral ini menjadi pusat kedudukan serta takhta bagi Vikariat Apostolik Iskandariyah di Mesir.[2] Katedral ini juga berfungsi sebagai gereja biara Fransiskan di Alexandria.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja ini dibangun dari tahun 1847 hingga 1856 dengan gaya Neo-Baroque, dirancang oleh arsitek Fransiskan Serafino da Baceno.

Para Pastor Fransiskan telah hadir sejak abad ketujuh belas di Aleksandria, di mana hal itu sangat diperhatikan oleh para peziarah Eropa yang sedang dalam perjalanan ke Tanah Suci. Pada tahun 1840-an, gedung baru biara dan sekolah didirikan. Gereja baru, sebuah basilika dengan kubah klasik juga dianggap sebagai katedral Vikariat Apostolik, didirikan pada tahun 1839, dan menerima nama martir Santa Katarina dari Aleksandria. Peresmian berlangsung pada tanggal 24 November 1850. Pada tahun 1927, fasad saat ini, yang dirancang oleh arsitek Italia Mario Avena (1896-1968 atau 1969) dengan gaya Barok Romawi ditambahkan.

Katedral ini merupakan tempat pemakaman raja Italia yang diasingkan Vittorio Emanuele III setelah kematiannya pada tahun 1947 sampai jenazahnya dipulangkan ke Italia pada tahun 2017.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]