Katedral Alcalá de Henares

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Alcalá de Henares
Katedral Magistral Saont Yustus dan Santo Pastor
Spanyol: Catedral de los Santos Niños Justo y Pastor de Alcalá de Henares
Katedral Alcalá de Henares
LokasiAlcalá de Henares
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Alcalá de Henares

Katedral Alcalá de Henares yang bernama resmi Katedral Magistral Saont Yustus dan Santo Pastor (Spanyol: Catedral de los Santos Niños Justo y Pastor de Alcalá de Henares) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Alcalá de Henares, Spanyol. Dinyatakan Bien de Interés Cultural pada tahun 1904.

Uskup Agung Carrillo (1446-1482), mengangkat gereja tersebut ke peringkat gereja kolegiat. Pada masa Kardinal Cisneros (1495-1517) ia dianugerahi gelar "Master" dan bangunan saat ini dirancang, dibangun antara tahun 1497 dan 1515 dengan gaya Gotik akhir yang khas pada tahap ini. Menara ini dibangun antara tahun 1528 dan 1582.

Pada tahun 1904 katedral ini dinyatakan sebagai Monumen Nasional. Selama Perang Saudara Spanyol (1936-1939) gereja tersebut dibakar sehingga kehilangan hampir semua hartanya, menyelamatkan beberapa bar dan beberapa kursi dari paduan suara lama. Pada tahun 1991 keuskupan Alcalá dipulihkan dan ditingkatkan statusnya menjadi master katedral, Keuskupan Complutense memulihkan statusnya dari abad ke-5 hingga 1099.

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Bagian luar katedral sederhana dan sederhana. Dindingnya dilapisi dengan cetakan jenis Segovia. Mereka menekankan sampul fasad barat gaya Gotik Flamboyan, di mana medali tengah digambarkan di Saint Ildefonso; dan menara, dirancang oleh Rodrigo Gil de Hontañón dan Rodrigo Argüello, bergaya herrerian, dengan ketinggian 62,05 meter. Puncaknya adalah batu menara puncak menara yang indah.

Katedral ini memiliki lengkungan biara abad ketujuh belas yang parah di antara pilaster. Tanah tampak tertutup karpet Renaisans dari biara terdekat. Di salah satu dinding masih ada makam Kardinal Cisneros.

Bagian Dalam[sunting | sunting sumber]

Bagian dalam bangunan terbagi menjadi tiga bagian tengah yang ditutupi oleh kubah silang yang bertumpu pada pilar fasciculados. Bentuk keseluruhan bangunan menyerupai salib Latin tradisional dengan tanda transept. Seluruh bangunan menderita akibat kebakaran itu, dan tak terhitung banyaknya karya seni dan benda-benda bernilai sejarah, kebaktian, dan sentimental yang hilang. Saat ini katedral memiliki fungsi keagamaan yang terpisah, pusat penafsiran, dan Museum Katedral.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]