Katedral Aix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Aix
Katedral Juruselamat Mahasuci
Prancis: Cathédrale Saint-Sauveur d'Aix-en-Provence
Katedral Aix
LokasiAgde
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Aix

Katedral Aix yang bernama resmi Katedral Juruselamat Mahasuci (Prancis: Cathédrale Saint-Sauveur d'Aix-en-Provence) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Aix-en-Provence di selatan Prancis. Katedral ini merupakan pusat kedudukan Uskup Agung Aix-en-Provence dan Arles. Katedral ini dibangun di situs Forum Romawi abad ke-1 di Aix. Dibangun dan dibangun kembali dari abad ke-12 hingga ke-19, bangunan ini mencakup elemen Romanesque, Gotik dan Neo-Gotik, serta kolom-kolom Romawi dan bagian-bagiannya baptisterium dari gereja Katolik abad ke-6. Ini adalah monumen nasional Perancis.

Asal usul katedral[sunting | sunting sumber]

Katedral ini terletak di jalur Jalan Romawi, Via Aurelia. Fragmen tembok Romawi dan tiang-tiang tempat pembaptisan tampaknya menjadi asal muasal legenda bahwa gereja tersebut dibangun di atas kuil Romawi yang didedikasikan untuk Apollo. Sejarawan Scholastique Pitton (1668) mengklaim bahwa kuil tersebut didedikasikan untuk dewa matahari, mendasarkan klaimnya pada penemuan kaki patung yang ditemukan di situs tersebut.[1]

Menurut tradisi Katolik, gereja pertama di situs tersebut didirikan oleh Santo Maximinus dari Aix, yang tiba di Provence dari Betania, sebuah desa dekat Yerusalem, dengan Maria Magdalena di atas perahu milik Lazarus. Maximin membangun sebuah kapel sederhana di lokasi katedral yang sekarang dan mendedikasikannya kepada Juru Selamat Suci (le Saint Sauveur).

Selama invasi Saracen pada abad ke-8 dan ke-9, kapel asli Saint-Sauveur dihancurkan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ J.-S. Pitton, Annales de la sainte église d'Aix, Lyon, 1668