Katedral Aguascalientes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Aguascalientes
Katedral Basilika Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga
Spanyol: Catedral Basílica de Nuestra Señora de la Asunción
Katedral Aguascalientes
LokasiAguascalientes
NegaraMeksiko
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiMaria Diangkat ke Surga
Arsitektur
StatusKatedral, Basilika minor
Status fungsionalAktif
ArsitekRefugio Reyes Rivas
Tipe arsitekturBarok Spanyol Baru, Neoklasik
Peletakan batu pertama1704
Selesai1738
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Aguascalientes
Klerus
UskupYang Mulia Mgr. José María de la Torre Martín

Katedral Basilika Bunda Maria Diangkat ke Surga[1] (Spanyol: Catedral Basílica de Nuestra Señora de la Asunción) disebut juga Katedral Aguascalientes[2] adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Aguascalientes[3] di Meksiko, dan salah satu monumen simbol kota. Terletak di Plaza de la Patria.

Pembangunan katedral saat ini diprakarsai oleh pastor Antonio Flores de Acevedo pada tahun 1704, diselesaikan oleh pastor paroki Manuel Colón de Larreátegui pada tahun 1738. Gambar Perawan Maria Diangkat ke Surga dibawa dari Spanyol.

Konstruksinya terdiri dari atrium bard yang terdiri dari pilar-pilar tambang dan teralis dengan akses lateral dan di sebelah utara terdapat jam matahari pada sebuah pilar. Menara kembar menampilkan gaya neoklasik pada pedimennya yang melengkung. Bagian depan utama candi seluruhnya diukir pada galian berwarna merah muda, yang terdiri dari tiga badan dan lelang; Yang pertama aksesnya melalui lengkungan setengah titik dengan kunci malaikat agung; Di sisinya terdapat kolom-kolom salomonik dengan relief tumbuhan dan ibu kota majemuk. Pada fasad lateral, pintu akses dengan lengkungan setengah lingkaran ditonjolkan, diapit oleh kolom-kolom halus yang menopang entablature dengan bagian depan rusak dan florones di sisinya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika Katedral Bunda Maria Diangkat ke Surga
  2. ^ Catedral de Aguascalientes [y su tesoro de arte sacro: situación, historia, características. Comisión Nacional de Arte Sacro. 1979-01-01. 
  3. ^ Sejarah Iglesia católica en Aguascalientes. ISBN 9789686259810.