Katedral Acqui

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Acqui
Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga
bahasa Italia: Cattedrale Maria Santissima Assunta
Katedral Acqui
LokasiAcqui, Piemonte
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Acqui

Katedral Acqui (bahasa Italia: Duomo di Acqui, Cattedrale di Santa Maria Assunta) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Acqui Terme, di provinsi Alessandria dan wilayah Piemonte, Italia. Didedikasikan untuk Maria Diangkat ke Surga, gereja ini adalah tahta Keuskupan Acqui.

Sejarah dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Meskipun keuskupan telah berdiri setidaknya sejak abad ke-4,[1] bangunan katedral yang sekarang adalah dimulai di bawah uskup Primo (989-1018) dan ditahbiskan pada tahun 1067 oleh uskup Guido. Denah dasarnya berbentuk salib Latin, dan terdapat lima lorong (tetapi hingga abad ke-18, hanya tiga), yang diakhiri dengan tiga apses setengah lingkaran. Dari struktur Romawi masih terlihat apses, transept, dan ruang bawah tanah, yang mendasari transept dan paduan suara. Sisanya telah diteliti lebih lanjut pada abad-abad berikutnya.

Menara lonceng terakota selesai dibangun pada tahun 1479, dan lonceng dipindahkan dari menara lonceng lama.[2] Pintu masuk utama dari marmer, oleh Giovanni Antonio Pilacorte, berasal dari tahun 1481, dan jendela mawar di atasnya berasal dari sekitar tanggal yang sama, sedangkan serambinya berasal dari abad ke-17. Interiornya dilengkapi kembali dengan kayu Barok, dan dihiasi dengan lukisan dinding dan plesteran dari abad ke-17 hingga ke-19.

Di sebelahnya terdapat kanon' biara dari akhir abad ke-15, dan beberapa reruntuhan Romawi.

Karya seni[sunting | sunting sumber]

Triptych of the Virgin of Montserrat, oleh Bermejo

Mimbar abad ke-19 dan altar Barok Saint Guido di transept patut diperhatikan.

Namun karya seni terpenting di katedral sejauh ini adalah Retable of the Virgin of Montserrat, karya pelukis Spanyol abad ke-15 Bartolomé Bermejo, yang mengecat panel tengah sekitar tahun 1485, dan oleh Rodrigo dan Francisco de Osona yang mengecat panel samping, di chapter house.[3]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hierarki Katolik: Keuskupan Acqui
  2. ^ Porter, hal. 18, dengan catatan 24.
  3. ^ Berg-Sobré, J. Bartolomé de Cárdenas, "El Bermejo": pelukis keliling di mahkota Aragon. hlm. 129. ISBN 978-1-57309-062-9. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Crosetto A., (2001). Acqui Terme. Indagini archeologiche nella cripta della cattedrale (1991). "Quaderni della Soprintendenza Archeologica del Piemonte", 18. (dalam bahasa Italia)
  • Porter, Arthur Kingsley (1916). Lombard Architecture. II. Yale University Press. hlm. 14–24. 
  • Rovera, Giacomo; Bocchiotti, Giandomenico (1987). Bartolomé Bermejo e il Trittico di Acqui (dalam bahasa Italian). Acqui Terme: L' Áncora. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]