Katedral Acarigua

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Acarigua
Katedral Bunda Maria dari Corteza
Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de la Corteza
LokasiAcarigua
NegaraVenezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Acarigua-Araure

Katedral Bunda Maria dari Corteza[1] (Spanyol: Catedral de Nuestra Señora de la Corteza)[2] juga disebut Katedral Acarigua-Araure, atau Katedral Paroki Bunda Corteza adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Acarigua-Araure di negara bagian Portugal di wilayah dataran negara Venezuela di Amerika Selatan.

Katedral tersebut berfungsi sebagai pusat Keuskupan Acarigua-Araure (Dioecesis Acariguaruensis) yang dibentuk pada tanggal 27 Desember 2002, dengan bulla kepausan Ad satius consulendum dari Paus Yohanes Paulus II.

Antara tahun 2007 dan 2011, bangunan ini mengalami proses restorasi yang dimungkinkan oleh kontribusi dari umat Katolik dan perusahaan swasta. Sesuai dengan namanya, kuil ini didedikasikan kepada Perawan Maria dalam gelarnya Bunda Maria dari Corteza,[3][4] yang kemunculannya diyakini oleh umat Katolik terjadi di bagasi pada tanggal 11 Februari 1702, ketika Venezuela masih menjadi koloni Spanyol. Pemujaan terhadap Perawan kulit kayu mendapat persetujuan gerejawi hanya dari tahun 1757.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Catedral de Nuestra Señora de la Corteza, Acarigua, Portuguesa, Venezuela". www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2016-07-04. 
  2. ^ "El Regional – Hoy coronarán a la Virgen en la Catedral Nuestra Señora de la Corteza". elregional.net.ve. Diakses tanggal 2016-07-04. 
  3. ^ Pons, François Joseph (1806-01-01). Travels in Bagian Amerika Selatan: Selama Tahun 1801, 1802, 1803 & 1804; Berisi Deskripsi Kapten Jenderal Carraccas, dengan Penjelasan tentang Hukum, Perdagangan, dan Produksi Alam Negara tersebut; sebagai Juga Pandangan tentang Adat dan Tata Krama Orang Spanyol dan Penduduk Asli India. R. Phillips. 
  4. ^ Pons. Pelayaran ke Bagian Timur Terra Firma, Atau Wilayah Utama Spanyol, di Amerika Selatan, Selama Tahun 1801, 1802, 1803, dan 1804: Berisi Deskripsi Wilayah di Bawah Yurisdiksi Kapten Jenderal Caraccas, Terdiri dari Provinsi Venezuela, Maracaibo, Varinas, Guyana Spanyol, Cumana, dan Pulau Margaretta; dan Merangkul Segala Sesuatu yang Berhubungan dengan Penemuan, Penaklukan, Topografi, Legislasi, Perdagangan, Keuangan, Penduduk dan Produksi Provinsi, Bersama dengan Pandangan tentang Tata Krama dan Adat Istiadat Orang Spanyol, dan Orang India yang Liar dan Beradab.