Katedral Évreux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Évreux
Katedral Santa Maria
Prancis: Cathédrale Notre-Dame d'Évreux
Katedral Évreux
LokasiÉvreux
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Évreux

Katedral Évreux, yang bernama resmi Katedral Bunda Maria Évreux (Prancis: Cathédrale Notre-Dame d'Évreux), adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di Évreux, Normandia, Prancis. Katedral ini adalah monumen nasional dan merupakan tempat kedudukan Keuskupan Évreux.

Deskripsi bangunan[sunting | sunting sumber]

Katedral Évreux, depan barat

Katedral ini didedikasikan untuk Notre-Dame di Evreux, yang berjarak 80 km sebelah barat Paris.[1] Dibangun pada abad ke-10 , bagian tengahnya mempertahankan arkade setengah lingkaran dari periode Romawi. Bagian bawah bagian tengahnya berasal dari abad ke-11. Kebakaran pada tahun 1119 menghancurkan sebagian besar bangunan sebelumnya. Ahli pekerjaan pada tahun 1253 adalah Gautier de Varinfroy, yang juga mengerjakan Saint-Étienne de Meaux. Varinfroy mengerjakan tingkat atas bagian tengah.[2]

Fasad barat, dengan dua menaranya, sebagian besar berasal dari akhir abad ke-16.[3] Menara utara adalah menara lonceng. Konon fondasinya diletakkan pada tahun 1392, dan selesai pada tahun 1417.[4] Berbagai gaya periode intervensi terwakili di seluruh gereja.

Transep utara yang rumit dan portalnya bergaya Gotik akhir flamboyan; paduan suara, bagian interior terbaik, memiliki gaya arsitektur Gotik sebelumnya. Jean Balue, uskup Évreux pada paruh kedua abad ke-15, membangun menara pusat segi delapan, dengan puncak menara yang elegan. Pada bulan Agustus 1465, Raja Louis XI memberikan Uskup Balue subsidi dari gabelle untuk memungkinkan dia melanjutkan pekerjaan restorasi katedral, yang dimulai di bawah perlindungan Charles VII namun terhenti karena kekurangan dana.[5] Kepada Balue juga terdapat Kapel Wanita, yang luar biasa karena kaca patri yang terpelihara dengan baik. Dua jendela mawar di transept dan layar kayu berukir di kapel samping adalah mahakarya pengerjaan abad ke-16. Jendela-jendelanya juga menggambarkan tokoh-tokoh penting pada masa itu. Misalnya, Perawan Maria, santo pelindung, tokoh Norman yang berkuasa, dan tokoh kerajaan yang berpengaruh.[1] Dua gaya jendela ini memiliki makna berbeda yang sangat berpengaruh. Jendela patri yang lebih elegan dan modelnya sempurna melambangkan lukisan kontemporer yang dipamerkan di Paris.[1] Sedangkan jendela yang lebih datar, dekoratif, dan detail melambangkan monumen kaca Norman abad ke-14 lukisan.[1]

Istana Uskup, sebuah bangunan abad ke-15, bersebelahan dengan sisi selatan katedral.

Pemugaran menyeluruh selesai pada tahun 1896.

Jendela kaca patri dihancurkan selama Perang Dunia II tetapi dipulihkan oleh Jean-Jacques Grüber pada tahun 1953. Puncak menara, yang disebut "Clocher d'Argent", menjulang setinggi 78m setelah rekonstruksi setelah dibom selama Perang Dunia II. Perang Dunia Kedua. Menara tempat lonceng bergantung kayu segi delapan dan puncak menara di atas menara barat daya tidak dipulihkan dan hilang.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]