Katedral Meaux

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Meaux
Katedral Santo Stefanus
Prancis: Cathédrale Saint-Étienne de Meaux
Katedral Meaux
LokasiMeaux
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Meaux

Katedral Meaux (Prancis: Cathédrale Saint-Étienne de Meaux) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Meaux, Perancis. Terletak di departemen Seine-et-Marne, sebelah timur Paris. Katedral adalah monumen nasional, dan merupakan tempat kedudukan Keuskupan Meaux.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan katedral dimulai sekitar tahun 1170, ketika sebuah bangunan bergaya Romanesque dimulai,[1] di situs Gereja Saint Stephen sebelumnya. Sekitar tahun 1269, rekonstruksi lengkap dilakukan oleh Uskup Jean de Poincy. Cacat pada desain dan konstruksi asli harus diperbaiki pada abad ke-13, di mana arsitek Gautier de Vainfroy banyak terlibat.[2] Dia harus menghapus hampir seluruh katedral sebelumnya dan memulai struktur baru dengan gaya Gotik.[3] Pelindung utamanya adalah Ratu Joan I dari Navarre.

Pada akhir abad ke-13, pekerjaan sering terhenti karena kekurangan dana, masalah ini teratasi berkat kemurahan hati Charles IV pada awal abad ke-14. Kemajuan selanjutnya terhenti oleh Perang Seratus Tahun dan pendudukan oleh Inggris. Sayangnya, batu lunak digunakan dan bagian luarnya terkikis.[4]

Ukiran di seluruh gereja dimutilasi oleh kaum Huguenot pada tahun 1562, dan sejak saat itu tidak ada pekerjaan lebih lanjut yang dilakukan pada bangunan tersebut. Satu menara masih terhambat. Sebuah puncak menara tinggi di atas transept runtuh dan dipindahkan pada tahun 1610.[5] Arsip keuskupan dihancurkan pada tahun 1793 – 1794, sehingga menghapus banyak pengetahuan tentang sejarah awal gereja.

Komposer Pierre Moulu bekerja di katedral pada awal abad ke-16.

Karena masa konstruksinya, desain katedral mencakup beberapa periode arsitektur Gotik. Katedral ini menjulang setinggi 48 meter; di dalam, kubah di paduan suara menjulang setinggi 33 meter. Ornamen interiornya terkenal karena kehalusannya, dan ruangnya terkenal karena luminositasnya secara keseluruhan. Katedral ini berisi organ terkenal, yang dibangun pada abad ke-17.

Pada bulan September 1916, pada peringatan kedua Pertempuran Marne Pertama, sebuah kebaktian syukur diadakan. merayakan kemenangan Prancis.[6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]