Katalog digital

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Katalog digital adalah sebuah dokumen digital yang dibuat untuk memudahkan calon pelanggan mempelajari sebuah produk atau layanan secara interaktif. Katalog digital juga merupakan media promosi untuk suatu produk yang berbasis multimedia. Pada kata ios digital, informasi dari suatu produk akan lebih lengkap karena dilengkapi dengan simulasi produk tiga dimensi dan virtual reality, sehingga informasi suatu produk lebih interaktif, menarik, lebih lengkap dan lebih akurat. Katalog digital dikembangkan sebagai alat untuk iklan dan penjualan online, dan memungkinkan sejumlah besar orang untuk mendapatkan akses kepada perusahaan mereka. Catalog digital merupakan bagian dari komunikasi pemasaran.

Salah satu contoh katalog digital.

Strategi Komunikasi Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Tujuan utama dari komunikasi pemasaran adalah membangun kesadaran bisnis dan promosi produk yang dapat dilakukan dengan menggunakan brosur, siaran pers, situs web dan lain-lain. Strategi digital merupakan salah satu strategi pemasaran, strategi pemasaran adalah rencana menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat mencapai tujuan pemasaran suatu perusahaan [1]. Pemasaran dari kacamata pemanfaatan teknologi digital yang mengubah konsep pemasaran konvensional menjadi konsep pemasaran digital yang lebih familiar dengan perkembangan pola pikir masyarakat sekarang. Media digital dalam hal ini katalog digital menjadi penentu komunikasi pemasaran suatu produk [2]. Dengan adanya strategi digital untuk mengikat dan memasarkan kepada pelanggan, stakeholder, media dan siapapun yang akan menjadi target pemasaran. Strategi digital diperlukan untuk mempengaruhi pola pikir pengguna untuk melaksanakan tindakan seperti yang diinginkan dengan memanfaatkan media digital seperti internet, computer, dan teknologi komunikasi. Dalam bentuk digital, sebuah katalog produk berevolusi menjadi sebuah media digital dengan penampilan seperti buku. Aplikasi interaktif ini menggunakan drag mouse atau sentuhan (pada monitor touchscreen) sebagai navigasi perpindahan halaman. Untuk sisi entertaimentnya perpindahan halaman digunakan efek transisi seperti buku yang sedang dibalik dan sebuah musik background selalu menyertai pengguna sementara memilih- milih produk. Interface menu mempunyai beberapa fitur diantaranya zoom in/out, pencarian kata, bookmark dan lain-lain. Aplikasi ini dapat dibuat format portabel namun juga dapat dibuat format HTML sehingga dapat diupload dan dipublikasikan melalui jaringan internet. Jenis katalog bervariasi sesuai dengan konten dan target konsumen. Katalog yang paling umum adalah untuk mempromosikan produk yang terdiri dari gambar (foto,ilustrasi, dll) dari item yang dijual. Pada setiap gambar biasanya dibarengi dengan deskripsi produk termasuk karakterisitik (ukuran, warna, bahan, fungsi, dll), atau bisa dilakukan pengkodean pada setiap item produk.tujuannya adalah untuk mempermudah konsumen dalam memilih produk yang diinginkan. Katalog penting untuk mengkomunikasikan dan memasarakan produk dan jasa yang berisikan seluruh rincian dari suatu produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Desain yang kreatif dan kulaitas foto yang baik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Manfaat Dari Katalog Digital[sunting | sunting sumber]

  1. Kemudahan dalam distribusi dengan adanya teknologi internet, distribusi informasi menjadi lebih mudah dan cepat disampaikan kepada target pasar. dengan menggunakan katalog digital akan mudah dalam mempelajari produk atau layanan yang disediakan. Dalam mempromosikannya bisa menggunakan email atau CD/DVD, yang selanjutnya pelanggan akan mengunjungi halaman catalog digital tersebut tanpa terikat jarak, tempat dan waktu. Selain itu brosur digital lebih mudah untuk digunakan, bahkan tanpa instalasi sekalipun.
  2. Infomasi yang lebih akurat dan lengkap dengan memiliki katalog digital, informasi yang akan disampaikan menjadi lebih akurat dan lengkap karena lebih leluasa dalam menampilkan informasi dari produk dan layanan. Berbeda dengan brosur konvensional dimana memiliki keterbatasan dalam penyampaian informasi, karena keterbatasan dalam penggunaan media kertas.
  3. Informasi menjadi lebih interaktif atau lebih hidup dan informasi yang disampaikan tidak terikat pada teks atau gambar saja, Anda bisa menambahkan fitur suara atau video. Dengan memanfaatkan teknologi 3D, katalog digital bisa mempunyai fitur untuk zoom in, zoom out atau rotate untuk memutar-mutar objek secara 360°.
  4. Biaya produksi dalam promosi Katalog digital bisa menghemat biaya (budget) produksi dalam promosi, selain itu juga bisa menghemat biaya dalam penggunaan kertas/tinta, jasa cetak, dan jasa distribusi katalog produk dan jasa.
  5. Ramah Lingkungan, karena memungkinkan konsumen untuk mencetak katalog hanya pada hal-hal yang dibutuhkan saja, sehingga dapat mengurangi limbah kertas.

Cara Membuat Katalog Digital[sunting | sunting sumber]

salah satu langkah dalam pembuatan katalog digital
  • Membuka aplikasi “photo flipbook”
  • Pilih gambar melalui “add photo”
  • Menambahkan layar baru dengan “add page”
  • Drag gambar produk ke tampilan layar yang kosong dan klik “publish” untuk menjadikan gambar menjadi katalog
  • Setelah muncul tampilan baru, setting tampilan katalog
  • Kemudian klik convert to lipping box file catalog menjadi exe ataupun browser.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Assauri, Sofyan, 2004. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep, dan Strategi), PT. Grafindo:Jakarta
  2. ^ Hudspeth, Neil .2010. Digital Strategy Menghasilkan Multiple ROI. Majalah SWA Sembada no 26./xxvi/9-19 Desember

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

  1. http://www.pnri.go.id/majalahonlineadd.aspx?id=158
  2. http://sagalaartweb.blogspot.com/2011/07/apa-itu-katalog.html
  3. http://blendwork.biz/manfaat-brosur-digital-katalog-online-dalam-promosi-produk-dan-jasa
  4. http://fatkhullifidian.wordpress.com/2012/01/23/membuat-katalog-digital/