Lompat ke isi

Karya sastra yang hilang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Karya sastra yang hilang (disebut dalam artikel ini hanya sebagai karya yang hilang) adalah sebuah dokumen, karya sastra, atau karya multimedia, yang tidak diketahui keberadaannya dalam bentuk salinan yang masih ada, artinya karya tersebut hanya dapat diketahui melalui referensi. Istilah ini paling umum digunakan untuk karya-karya dari dunia klasik, meskipun istilah ini semakin sering digunakan dalam kaitannya dengan karya-karya modern. Sebuah karya dapat hilang dari sejarah melalui penghancuran naskah asli dan semua salinan selanjutnya.

Karya—atau, umumnya, fragmen kecil dari karya—telah bertahan karena ditemukan oleh para arkeolog selama penyelidikan, atau secara tidak sengaja oleh seseorang, seperti, misalnya, gulungan-gulungan Perpustakaan Nag Hammadi. Karya-karya juga bertahan ketika digunakan kembali sebagai bahan penjilidan buku, dikutip atau disertakan dalam karya-karya lain, atau sebagai palimpsest, di mana dokumen asli dihapus secara tidak sempurna sehingga substrat tempat dokumen itu ditulis dapat digunakan kembali. Penemuan De re publica karya Cicero pada tahun 1822 adalah salah satu pemulihan besar pertama dari teks kuno yang hilang dari palimpsest. Contoh terkenal lainnya adalah penemuan Palimpsest Archimedes, yang digunakan untuk membuat buku doa hampir 300 tahun setelah karya asli ditulis. Sebuah karya dapat ditemukan kembali di perpustakaan, sebagai kodeks yang hilang atau salah label, atau sebagai bagian dari buku atau kodeks lain.

Karya-karya yang terkenal tetapi tidak ditemukan kembali dijelaskan oleh kompilasi yang masih ada, seperti Naturalis Historia karya Pliny the Elder atau De architectura karya Vitruvius. Terkadang penulis akan menghancurkan karya mereka sendiri. Pada kesempatan lain, penulis memerintahkan orang lain untuk menghancurkan karya mereka setelah kematian mereka. Perintah tersebut tidak selalu diikuti: Aeneid karya Virgil disimpan oleh Augustus, dan novel-novel Kafka oleh Max Brod. Salinan naskah tulisan tangan ada dalam jumlah terbatas sebelum era percetakan. Penghancuran perpustakaan kuno, baik karena kesengajaan, kebetulan atau kelalaian, mengakibatkan hilangnya banyak karya. Karya-karya yang tidak ada referensi selanjutnya yang dilestarikan tetap tidak diketahui.

Perusakan suatu karya secara sengaja dapat disebut sebagai kejahatan sastra atau vandalisme sastra (lihat pembakaran buku).

Lihat pula

[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut

[sunting | sunting sumber]
  • Browne, Thomas. Musaeum Clausum or Bibliotheca Abscondita (diterbitkan secara anumerta pada tahun 1683)
  • Deuel, Leo. Testaments of Time: The Search for Lost Manuscripts and Records (New York: Knopf, 1965)
  • Dudbridge, Glen. Lost Books of Medieval China (London: The British Library, 2000)
  • Kelly, Stuart. The Book of Lost Books (Viking, 2005) ISBN 0-670-91499-1
  • Peter, Hermann. Historicorum Romanorum reliquiae (2 vol., B.G. Teubner, Leipzig, 1870, edisi ke-2 1914–16)
  • Wilson. R. M. The Lost Literature of Medieval England (London: Methuen, 1952)

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]