Karadeniz Ereğli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ereğli
Pesisir Ereğli
Pesisir Ereğli
CountryTurki
ProvinsiZonguldak
Pemerintahan
 • MayorHüseyin Uysal (AKP)
 • Kaymakamİbrahim Çay
Luas[1]
 • District976,26 km2 (37,694 sq mi)
Penduduk (2012)[2]
 • Kota102.828
 • District173.933
 • Kepadatan DistrictBad rounding here1.8/km2 (Bad rounding here4.6/sq mi)
Post code67300
IklimCfb
Situs webwww.kdzeregli.bel.tr

Karadeniz Ereğli merupakan sebuah kota dan distrik di Provinsi Zonguldak di Turki, di pantai Laut Hitam di muara Sungai Kılıçsu. Populasi wilayah tersebut sebesar 102,828 pada tahun 2012. Wali kotanya adalah Huseyin Uysal.

Fakta[sunting | sunting sumber]

Modern Ereğli adalah rumah Erdemir, pabrik baja terbesar di Turki. Ini memiliki pelabuhan alam yang besar, terletak di lee Baba Burnu dan karena itu salah satu dari beberapa tempat geografis yang menarik untuk pelabuhan di pantai Laut Hitam barat Turki. Ereğli berkembang dengan baik karena kehadiran pabrik baja dan memancing adalah kegiatan komersial utama di kota. Karena pantai Laut Hitam, Ereğli adalah tujuan wisata yang populer secara lokal. Kota ini tidak memiliki bandara (Erdemir memiliki lapangan pribadi kecil) atau stasiun kereta api, tetapi dapat dicapai dengan mobil atau bus dari Ankara, Istanbul dan tempat-tempat lain.

Selain memancing dan baja, Ereğli juga terkenal karena stroberi Ottoman yang lezat.

Penemu ladang batubara Turki utara, Uzun Mehmet, tinggal di bagian Kestaneci Köyü ("Desa penjual kastanye") di Ereğli.

Festival Cinta, Perdamaian, Persahabatan, Budaya, dan Seni Internasional diadakan setiap tahun di Karadeniz Ereğli.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kota ini adalah kota Yunani pada zaman kuno yang dikenal sebagai Heraklea Pontika seperti pahlawan mitos Yunani Herakles. Dalam bahasa Turki nama Karadeniz Eregli berarti "Laut Hitam Ereğli" (kara="hitam", deniz="laut"), yang membedakannya dari tempat lain yang disebut Ereğli (nama Ereğli berasal dari Heraklea).

Ini didirikan oleh koloni Megara, yang segera menaklukkan penduduk asli Mariandynoi dan memperluas kekuasaannya atas wilayah yang cukup besar. Kemakmuran kota, dengan kasar digoncang oleh orang-orang Galatia dan Bitinia, benar-benar hancur dalam Peperangan Mithridatik. Itu adalah tempat kelahiran Heraklides Pontikos.[3] Menurut mitologi Yunani, gua yang dijaga oleh anjing berkepala tiga Cerberus terletak di dekat kota. Untuk pencarian terakhirnya, Herakles ditugaskan memasuki gua dan menangkap Cerberus.

Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, Karadeniz Ereğli adalah bagian dari Kastamonu Vilayet dari Kekaisaran Utsmaniyah.

Olahraga[sunting | sunting sumber]

Zonguldak 1. Liga amatir dan dalam Liga Basket Beko 2012-2013 Erdemirspor.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Area of regions (including lakes), km²". Regional Statistics Database. Turkish Statistical Institute. 2002. Diakses tanggal 2013-03-05. 
  2. ^ "Population of province/district centers and towns/villages by districts - 2012". Address Based Population Registration System (ABPRS) Database. Turkish Statistical Institute. Diakses tanggal 2013-02-27. 
  3. ^ [./File:Wikisource-logo.svg ]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]