Kapel Santo Fransiskus dari Assisi, Antarktika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kapel Santo Fransiskus dari Assisi
Capilla de San Francisco de Asís
Kapel Santo Fransiskus dari Assisi, Antartika
LokasiPangkalan Esperanza
Negara Antartika
DenominasiGereja Katolik Roma

Kapel Santo Fransiskus dari Assisi[1] (Spanyol: Capilla de San Francisco de Asís) adalah sebuah kapel Katolik yang terletak di Pangkalan Esperanza yang dikelola oleh Argentina, di ujung utara Semenanjung Antartika di Antartika.[2] Kapel ini adalah salah satu dari delapan gereja di Antartika. Didirikan pada 18 Februari 1976, dan dipasang oleh Angkatan Darat Argentina, Kapel ini merupakan tempat ibadah umat Katolik pertama di benua Antartika.

Kapel ini memberikan dukungan spiritual kepada penghuni dan staf pangkalan. Imam pertamanya adalah seorang Yesuit, Pastor Buenaventura De Filippis, lahir di Italia. Situs ini telah menjadi bagian dari beberapa pencapaian Antartika, termasuk pernikahan keagamaan pertama secara Katolik,[3] pembaptisan Emilio Palma, yang merupakan kelahiran pertama yang tercatat di Antartika, dan upacara komuni pertama.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Aica.org
  2. ^ 19/seven-churches-antarctica/ "Tujuh Gereja Antartika" Periksa nilai |url= (bantuan). Messy Nessy Chic. Diakses tanggal 2016-04-06. 
  3. ^ /Base-Antartica-Esperanza/hechos%20hist%C3%B3ricos.htm "Hechos history" Periksa nilai |archiveurl= (bantuan). Diarsipkan dari 20hist%C3%B3ricos.htm versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2016-03-04.