Kapal penjelajah Jerman Admiral Hipper

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bundesarchiv DVM 10 Bild-23-63-24, Schwerer Kreuzer "Admiral Hipper".jpg
Admiral Hipper pada tahun 1939

Admiral Hipper adalah sebuah kapal penjelajah berat, pertama dari kelasnya, bertugas dengan Angkatan Laut Nazi Jerman (Kriegsmarine) selama Perang Dunia II. Dibangun di galangan Blohm & Voss di Hamburg pada tahun 1935 dan diluncurkan pada tahun 1937, Admiral Hipper ditugaskan sesaat sebelum perang dimulai pada April 1939. Kapal ini dinamakan atas Laksamana Franz von Hipper, komandan Skuadron Kapal Tempur Penjelajah Jerman dan Panglima Laut Angkatan Laut Kekaisaran Jerman pada Perang Dunia I. Admiral Hipper dipersenjatai meriam kaliber 20.3 cm (8 inci), dan meskipun secara nominal berada dibawah batas berat maksimal 10.000 ton ditetapkan dalam Perjanjian Laut Inggris-Jerman, ia dan kapal sekelasnya sebenarnya berbobot lebih dari 16.000 ton.

Admiral Hipper beraksi banyak selama perang, terutama pada Pertempuran Atlantik. Ia memimpin serangan atas Trondheim pada Operasi Weserübung, dimana dalam perjalanan ia menenggelamkan HMS Glowworm setelah ditabrak oleh kapal tersebut. Pada Desember 1940, ia berlayar menuju Atlantik Utara untuk menjarah konvoi sekutu, namun misi ini berakhir tanpa sukses besar. Hipper berlayar kembali pada Februari 1941, menenggelamkan banyak kapal dagang sebelum kembali lagi ke Jerman melalui Selat Denmark. Ia ditransfer ke Norwegia untuk berpartisipasi dalam misi menjarah konvoi yang menuju Uni Soviet, dan berujung pada Pertempuran Laut Barents pada 31 Desember 1942, dimana Hipper dan pengawalnya menenggelamkan kapal perusak HMS Achates dan kapal penyapu ranjau Bramble, tetapi dipukul mundur oleh kapal penjelajah HMS Sheffield dan HMS Jamaica.

Kurang puas atas pertempuran ini, Adolf Hitler memerintahkan seluruh kapal Kriegsmarine (kecuali U-Boat) untuk dipensiunkan dan dihancurkan. Meskipun Laksamana Karl Dönitz berhasil melakukan persuasi ke Hitler untuk berubah pikiran, Admiral Hipper tetap diperintahkan kembali ke Jerman. Ia tidak pernah berlayar lagi, dan di bom terus-menerus oleh Sekutu selama di dok hingga Jerman menyerah pada Mei 1945. Hipper diambil alih oleh Britania Raya setelah perang usai, dan dihancurkan pada tahun 1948-1952.

Referensi[sunting | sunting sumber]