Kantong plastik mudah terurai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kantong Plastik mudah terurai ― Biodegradable adalah kantong plastik yang mampu terurai oleh bakteri dan organisme hidup lainnya. Setiap tahun sekitar 500 miliar hingga 1 triliun kantong plastik digunakan di seluruh dunia

Membedakan “biodegradable” dengan “kompos”[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa umum, kata biodegradable berbeda artinya dengan kompos. Biodegradable didefinisikan sebagai benda yang mampu terurai oleh bakteri atau organisme hidup lainnya, sedangkan kompos dalam industri plastik didefinisikan sebagai benda yang mampu terurai di lingkungan aerobik di bawah kontrol suhu dan kelembaban khusus. Kompos mengalami dekomposisi biologis di lokasi kompos sehingga bahan tidak dapat dibedakan secara visual dan terurai menjadi karbon dioksida, air, senyawa anorganik dan biomassa pada tingkat yang konsisten dengan bahan kompos yang dikenal.

Dimasukkannya "bahan anorganik" menghalangi produk akhir dari dianggap sebagai kompos, atau humus , yang merupakan bahan organik murni [ pendapat ] . Memang, di bawah definisi ASTM, satu-satunya kriteria yang diperlukan untuk plastik untuk disebut kompos adalah bahwa ia harus menghilang dengan kecepatan yang sama dengan sesuatu yang sudah diketahui kompos di bawah definisi tradisional [ rujukan? ] .

Bahan[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar tas yang dibuat dari plastik terbuat dari bahan berbasis jagung, seperti campuran asam polylactic . Kantong plastik biodegradable saat ini sekuat dan dapat diandalkan seperti tas tradisional (kebanyakan polietilen). Banyak tas juga terbuat dari kertas, bahan organik, atau polycaprolactone.

"Publik memandang biodegradable sebagai sesuatu yang ajaib," meskipun istilah ini digunakan secara luas, menurut Ramani Narayan, seorang insinyur kimia di Michigan State University di East Lansing, dan konsultan sains ke Biodegradable Plastics Institute. "Ini adalah kata yang paling sering digunakan dan disalahgunakan dalam kamus kami saat ini. Di petak sampah Great Pacific , plastik yang dapat terbiodegradasi terpecah menjadi potongan-potongan kecil yang dapat lebih mudah memasuki rantai makanan dengan dikonsumsi."

Kantong plastik dapat dibuat "oxo-biodegradable" dengan diproduksi dari polimer plastik normal (yaitu polietilena ) atau polipropilena yang menggabungkan aditif yang menyebabkan degradasi dan kemudian biodegradasi polimer (polietilen) karena oksidasi .

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Plastik biodegradable biasa digunakan untuk tas belanja, botol air dan wadah makanan adalah plastik yang dirancang untuk menjadi lebih tahan lama dan mampu terurai cepat dalam lingkungan. Kondisi yang mendukung terurainya jenis plastik ini sebenarnya secara eksklusif di kompos industri. Banyak plastik berlabel biodegradable, seperti tas belanja, hanya akan terurai pada suhu 122 derajat Fahrenheit. Ini disebut sebagai salah satu pemecahan masalah lingkungan akibat sampah plastik.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Walaupun disebut biodegradable atau mudah terurai, ternyata jenis plastik ini masih berbahaya untuk lautan. Menurut plastik biodegrable tidak dapat terurai pada suhu lautan dan dalam kondisi lingkungan laut. Hasilnya, limbah plastik ini tetap membahayakan. Plastik biodegrable juga tidak terapung, sehingga akan tenggelam, dan tidak akan terkena UV untuk terurai. Oleh sebab itu, kita tetap harus membuang atau mengolah sampah plastik agar tidak sampai mencemari lautan.