Kaneto Shindō

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kaneto Shindo
Kaneto Shindo.jpg
Kaneto Shindo
Lahir(1912-04-22)22 April 1912
Hiroshima, Jepang
Meninggal29 Mei 2012(2012-05-29) (umur 100)
Hiroshima, Jepang
PekerjaanSutradara film, penulis latar, sutradara seni, produser film, pengarang
Suami/istriTakako Kuji (istri pada hukum umum), Miyo Shindo, Nobuko Otowa
AnakJiro Shindo

Kaneto Shindo (新藤 兼人, Shindō Kaneto, 22 April 1912 – 29 Mei 2012) adalah seorang sutradara film, penulis latar, produser film, dan pengarang Jepang. Ia menyutradarai 48 film dan menulis 238 naskah.[1] Film terkenalnya sebagai sutradara meliputi Children of Hiroshima, The Naked Island, Onibaba, Kuroneko dan A Last Note. Naskah-naskhanya difilmkan oleh sutradara-sutradara seperti Kon Ichikawa, Keisuke Kinoshita, Fumio Kamei dan Tadashi Imai.

Shindo lahir di Prefektur Hiroshima, dan ia membuat beberapa film tentang Hiroshima dan bom atom.[2] Seperti mentor awalnya Kenji Mizoguchi, beberapa filmnya menampilkan karakter perempuan kuat. Ia adalah pelopor produksi film independen di Jepang, mendirikan sebuah perusahaan yang bernama Kindai Eiga Kyokai. Ia melanjutkan pekerjaan sebagai penulis naskah, sutradara dan kemudian pengarang sampai kematiannya pada usia 100 tahun.

Shindo membuat sebuah serial film autografi, yang dimulai dengan film pertama yang ia sutradarai, Story of a Beloved Wife pada 1951, mengenai perjuangannya menjadi seorang penulis latar, sampai Tree Without Leaves pada 1986, tentang masa kecilnya, lahir dalam sebuah keluarga menengah, By Player pada 2000, tentang perusahaan filmnya, dari sudut pandang temannya Taiji Tonoyama, dan film terakhirnya, Postcard, yang disutradarai pada usia 98 tahun, berdasarkan pada pelayanan militernya.

Kehidupan awal dan karier[sunting | sunting sumber]

Shindo lahir pada 1912 di distrik Saeki, Prefektur Hiroshima. Ia adalah anak bungsu dari empat bersaudara. Keluarganya adalah pemilik lahan menengah, namun ayahnya bangkrut dan kehilangan semua lahannya setelah bertindak sebagai loan guarantor.[3] Kakaknya dan dua saudarinya pergi untuk menjadi pekerjaan, dan ia, ibunya, dan ayahnya tinggal di sebuah rumah toko. Ibunya menjadi buruh agribudaya dan kemudian meninggal pada awal masa kecilnya, Kakaknya pandai bermain judo dan menjadi seorang polisi. Salah satu saudarinya menjadi seorang perawat dan bekerja membantu para korban bom atom.[4] Saudarinya yang lain menikah dengan orang Jepang-Amerika dan tinggal di AS.[1]

Pada 1933, Shindo, yang kemudian tinggal dengan saudaranya di Onomichi, terinspirasi oleh sebuah film yang berjudul Bangaku No Isshō[n 1] untuk memulai sebuah karier dalam perfilam. Ia mengumpulkan uang dengan bekerja di sebuah toko sepeda dan pada 1934, dengan sebuah surat perkenalan dari saudaranya kepada seorang polisi di Kyoto, ia dibawa ke Kyoto. Setelah menunggu dalam waktu yang lama, ia mendapatkan sebuah pekerjaaan di departemen pengembangan film Shinkō Kinema,[5] dimana ia bergabung karena ia terlalu sebentar saat bergabung dengan departemen penerangan.[6] Ia adalah salah satu dari sebelas pekerja di departemen pengembangan tersebut, namun hanya tiga orang di antara mereka yang benar-benar bekerja, sementara yang lainnya merupakan anggota dari tim bisbol perusahaan tersebut.[6] Pada waktu itu, ia mempelajari perfilman berdasarkan pada naskah-naskah karena naskah-naskah lama digunakan sebagai kertas toilet. Ia mengambil naskah-naskah tersebut untuk mempelajarinya.[1][6]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Sutradara[sunting | sunting sumber]

(Shindo menulis naskah untuk seluruh film yang ia sutradarai. Ia disebut sebagai dutradara seni untuk tiga film yang ia sutradarai, Ningen, Onibaba, dan Owl.)

Penulis naskah[sunting | sunting sumber]

(Tidak meliputi film yang juga ia sutradarai)

Penulisan[sunting | sunting sumber]

(Dalam bahasa Jepang kecuali yang ada catatannya)

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 盤嶽の一生

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Templat:Kaneto-shindo-ikite-iru-kagiri
  2. ^ Hirano, Kyoko. "Kaneto Shindo". Film Reference. Diakses tanggal 22 Juni 2011. 
  3. ^ Wakeman, John (1988). World Film Directors, Volume 2. The H. W. Wilson Company. hlm. 1021–1027. 
  4. ^ Shindo, Kaneto. Genbaku o Toru. 
  5. ^ "Shinario sakka Shindō Kaneto". National Film Center. Diakses tanggal 22 Juni 2011. 
  6. ^ a b c Templat:Kaneto-shindo-shinario-jinsei

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Mellen, Joan (1975). Voices from the Japanese cinema. Liveright. hlm. 295. ISBN 0871401010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]