Children of Hiroshima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Children of Hiroshima
Nama lain
Jepang原爆の子
HepburnGembaku no ko
SutradaraKaneto Shindo
ProduserKōzaburō Yoshimura
Ditulis olehKaneto Shindo
Berdasarkan
Buku:
Arata Osada
PemeranNobuko Otowa
Penata musikAkira Ifukube
SinematograferTakeo Itō
PenyuntingZenju Imaizumi
Tanggal rilis
  • 6 Agustus 1952 (1952-08-06)
[1][2]
Durasi98 menit[1][2]
NegaraJepang
BahasaJepang

Children of Hiroshima (原爆の子, Gembaku no ko, lit. "Children of the Atomic Bomb") adalah film drama Jepang tahun 1952 yang disutradarai oleh Kaneto Shindō. Film ini masuk ke dalam Festival Film Cannes 1953.[3]

Alur[sunting | sunting sumber]

Takako Ishikawa (Nobuko Otowa) adalah seorang guru di sebuah pulau di laut pedalaman lepas pantai Hiroshima pascaperang. Selama liburan musim panasnya, dia naik feri ke kota kelahirannya Hiroshima untuk mengunjungi makam orang tua dan adik perempuannya, yang terbunuh dalam serangan bom atom. Dia melihat seorang pengemis dan mengenalinya sebagai Iwakichi (Osamu Takizawa), mantan pelayan orang tuanya, sekarang wajahnya terbakar dan buta sebagian. Dia mengikutinya ke gubuknya yang malang, di mana dia dirawat oleh seorang wanita yang tinggal di sebelah, dan bertanya tentang keluarganya. Dengan istrinya, putra dan menantunya meninggal, satu-satunya kerabat Iwakichi yang masih hidup adalah cucunya Tarō, yang tinggal di panti asuhan. Takako mengunjungi panti asuhan dan menemukan anak-anak hampir tidak punya cukup makanan. Dia menawarkan untuk membawa Iwakichi dan cucunya kembali bersamanya, tetapi Tarō menolak, melarikan diri.

Takako melanjutkan untuk mengunjungi Natsue Morikawa, mantan rekan di taman kanak-kanak tempat dia dulu mengajar, dan sekarang menjadi bidan. Natsue menjadi mandul sebagai akibat dari bom, dan berencana untuk mengadopsi seorang anak dengan suaminya. Natsue dan Takako mengunjungi situs taman kanak-kanak, yang sekarang hancur, dan Takako memutuskan untuk mengunjungi siswa taman kanak-kanak tersebut.

Ayah dari siswa pertama yang dia kunjungi, Sanpei, tiba-tiba jatuh sakit karena penyakit yang berhubungan dengan radiasi dan meninggal tepat sebelum dia tiba. Salah satu siswa lainnya sakit parah dan sekarat di sebuah gereja, di mana banyak orang dengan cedera terkait bom berkumpul.

Setelah bermalam di rumah Natsue, dia kemudian pergi mengunjungi siswa lain, Heita. Kakaknya (Miwa Satō), yang kakinya terluka, baru saja akan menikah, dan Takako makan malam bersamanya. Dia berbicara dengan kakak Heita, Kōji (Jūkichi Uno) tentang orang-orang yang meninggal atau terluka dalam perang.

Dia kembali ke rumah Iwakichi dan memintanya lagi untuk membiarkan dia membawa Tarō kembali ke pulau itu. Awalnya dia menolak, tapi kemudian tetangganya meyakinkan dia untuk membiarkan Takako mengurus Tar. Namun, Tarō masih menolak untuk meninggalkan kakeknya. Pada malam terakhir sebelum keberangkatan Takako, Iwakichi mengundang Tarō untuk makan, memberinya sepatu baru yang dibelikannya untuknya, dan mengirimnya ke Takako dengan sebuah surat. Kemudian dia membakar rumahnya. Dia selamat dari api tetapi terbakar parah dan akhirnya mati. Tarō meninggalkan Hiroshima bersama Takako, membawa abu kakeknya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "原爆の子 (Children of Hiroshima)". Japanese Movie Database (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal February 7, 2021. 
  2. ^ a b "原爆の子 (Children of Hiroshima)" (dalam bahasa Jepang). Kinema Junpo. Diakses tanggal February 7, 2021. 
  3. ^ "Festival de Cannes: Gembaku no ko". festival-cannes.com. Diakses tanggal February 7, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]