Kampung Giri Harja Endah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
kampung giri harja endah
Kampung.jpg
Informasi
Lokasi kabupaten bandung
Negara Bendera Indonesia indonesia
Jenis objek wisata wisata alam

Kampung Giri Harja Endah atau lebih dikenal sebagai Kampung Jelekong merupakan kampung seni dan lukis yang terletak di Kelurahan Jelekong Kecamatan Bale Endah Kabupaten Bandung. Kampung ini didirikan oleh Asep Sunandar Sunarya. Dulunya Kampung Jelekong bisa di bilang kampung yang tidak terkenal namun ketika Abah Asep Sunandar tinggal di kampung ini semuanya berubah. Kampung Jelekong berubah nama menjadi Kampung Giri Harja Endah, lalu dikenal sebagai kampung seni yang terletak di Bandung selatan.

Kampung Giri Harja Endah sering mengadakan pagelaran kesenian seperti wayang golek, jaipong, pencak silat, dan lain-lain yang di adakan setiap malam minggu. Kegiatan mingguan lain yang bersifat tradisi di kampung Jelekong yang masih sampai saat ini dilaksanakan salah satunya pasar tonggeng. Pasar Tonggeng dilaksanakan setiap hari minggu dan selasa. Beberapa warga yang tinggal di kampung ini mengajarkan anak anaknya untuk mahir menjaga seni dan budaya, seperti wayang golek dan jaipong dan karena banyak warga yang bisa memainkan wayang maka Kampung Giri Harja Endah di kenal sebagai kampung wayang golek.

Menurut Gubenur Jawa Barat, kampung ini patut ditiru oleh kampung-kampung lain karena masih melestarikan budaya sunda terutama di bidang wayang golek dan tari-tarian.

Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Karena kampung giri harja endah di kenal sebagai kampung seni dan lukis maka masyarakat nya pun banyak yang bergerak di bidang seni terutama di bidang wayang golek dan di bidang lukis banyak warga kampung giri harja endah yang menjadi dalang dan pelukis dan di setiap jalan yang terletak di kampung giri harja endah banyak toko-toko yang menjual lukisan dan wayang. Harga lukisan nya pu beragam ada yang murah ada, dan ada juga yang mahal berkisaran dari Rp 2 juta – 150 juta yang paling mahal dan lukisan nya pun sampai di ekspor ke luar negri . Banyaknya peminat lukisan yang sampai ke luar negeri membuat perekonomian warga di kampung giri harja endah pun meningkat dan dinobatkan menjadi kampung dengan perekonomian termaju di kecamatan bale endah

Industri Lukis[sunting | sunting sumber]

Industri lukis kampung jelekong merupakan salah satu industri kreatif yang cukup besar dan mapan di Indonesia. Telah lama hadir sebagai komoditi, dari tahun 1960an sampai sekarang kampung jelekong memiliki identitas karya lukisnya sendiri baik dari teknik, gaya, maupun format penjualan. Pelukisnya mayoritas otodidak dan tidak jarang telah mulai melukis sejak masih dibangku sekolah. Para pelukis bisa menghasilkan lukisan 10 sampai 20 lukisan seharinya, lewat kepiawaiannya dalam melukis.

Secara teknis, dengan mempertimbangkan kecepatan pelukis jelekong biasanya melumuri kanvas dengan cat menggunakan kuas, kemudian tekstur dibuat dengan menggunakan spons, menyingkap lapisan-lapisan cat yang telah dilumuri sebelumnya. Teknik memberi kemungkinan pelukis-pelukis jelekong mengerjakan lukisan dengan waktu yang cepat.

Bahan seperti kanvas dan cat dibuat sendiri, tak jarang dijual sebagai produk asli jelekong.

Lukisan produk jelekong memiliki gaya dan warna yang khas. Hampir seluruh lukisan dari jelekong memiliki identitas jelekong yang sangat kuat. Sapuan kuas dan tekstur dari spons dan keseragaman warna dan komposisi.

Referensi[sunting | sunting sumber]