Kampung Arab Pare

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kampung Arab Pare adalah kawasan edukasi bahasa Arab yang berpusat di jalan Cempaka dusun Tegalsari desa Tulungrejo kecamatan Pare kabupaten Kediri. Wilayah ini terletak di sebelah utara dari jalan anyelir yang merupakan jalan legendaris Kampung Inggris. Kampung Arab sendiri merupakan kawasan edukasi bahasa Arab yang dicetuskan oleh lembaga kursus bahasa Arab dan Inggris Al Azhar. Salah satu daya tarik dari Kampung Arab Pare ini adala kerjasama yang dilakukan dalam bidang edukasi dengan Ma'had Al Azhar Mesir.[1] Tak heran jika setiap bulannya terdapat ratusan peserta kursus yang datang silih berganti.[2]


Sejarah Singkat[sunting | sunting sumber]

Kampung Arab Pare lahir dari rasa prihatin atas kurangnya pengembangan edukasi bahasa Arab di Indonesia. Kampung Arab Pare diharapkan dapat menjadi wadah bagi mereka yang ingin mempelajari bahasa Arab dengan metode belajar yang mudah dan menyenangkan. Sejak berdiri pada tahun 2013, Al Azhar sebagai lembaga kursus bahasa Arab terkemuka di Kampung Arab Pare memang telah meluluskan banyak peserta kursus baik dari pejuru Indonesia maupun negara-negara tetangga seperti; Malaysia, Singapura, Thailand, dll.[3]

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Bukan hanya metode belajar saja yang menjadi daya tarik tempat ini. Kampung Arab Pare memiliki berbagai kegiatan rutin yang sangat dinantikan oleh para peserta kursus yang belajar di tempat ini. Kegiatan-kegiatan rutin ini dilaksanakan dengan tujuan menambah wawasan peserta kursus dalam berbagai bidang lain juga.

Bazar Bahasa Arab[sunting | sunting sumber]

Di Kampung Arab Pare ini peserta kursus bukan hanya belajar bahasa Arab namun juga menerapkannya pada ilmu sosial. Salah satu kegiatan rutin yang diadakan di kawasan edukasi bahasa Arab ini adalah bazar kampung Arab Al Azhar. Dalam acara yang diselenggarakan rutin dalam setiap periode ini para peserta kursus akan diajarkan untuk menerapkan bahasa arab dalam percakapan sosial sekaligus mengasah jiwa entherpreneur. Dalam bazar ini para peserta kursus akan dikumpulkan pada sebuah tempat dan diwajibkan melakukan transaksi jual beli produk tau jasa selayaknya yang terjadi pada pasar. Peserta kursus bebas berkreasi merjual belikan produk atau jasa pada bazar ini hanya dengan mendaftarkan produk kepada panitia bazar.[4]

Outbond[sunting | sunting sumber]

Bukan hanya kegiatan di dalam kelas saja, Kampung Arab Pare juga rutin menggelar kegiatan outdoor berupa outbond yang dilaksanakan pada setiap periode kursus. Dalam kegiatan ini para peserta kursus akan disuguhkan dengan berbagai game menarik yang melatih jiwa leadership, kerjasama tim, tanggung jawab, hingga mengembangkan kreativitas. Peserta kursus akan dibagi menjadi beberapa tim dan menjalankan misi dalam beberapa ronde permainan. Dalam acara ini panitia selalu menyiapkan hadiah khusus bagi para pemenang game.[5]

Program Belajar[sunting | sunting sumber]

Kampung Arab terkenal sebagai kawasan edukasi tempat kursus bahasa Arab terbaik di Indonesia. Metode belajar yang mudah dipahami serta pengajar profesional lulusan Timur Tengah dan berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia menjadikan Kampung Arab selalu ramai dikunjungi peserta kursus. Berbagai program kursus yang ditawarkan juga sangat membantu peserta kursus dalam mendalami ilmu bahasa Arab dimulai dari tingkat dasar hingga tingkat mahir.[6]

Spesialis Muhadatsah[sunting | sunting sumber]

Program kursus yang ditawarkan antara lain program unggulan muhadatsah yang terdiri dari Pre-Fulltime (berdurasi dua minggu), Fulltime 1 (berdurasi satu bulan),  Fulltime 2 (berdurasi satu bulan), dan Fulltime 3 (berdurasi satu bulan).

Mahir baca kitab[sunting | sunting sumber]

Program lainnya yang berfokus pada pembelajaran baca kitab terdiri dari beberapa program seperti Al Miftah1, Al Miftah 2, Tamyiz 1&2, Tamyiz 3&4, hingga Manhaji yang masing-masing berdurasi satu bulan.

Persiapan Timur Tengah[sunting | sunting sumber]

Program unggulan berikutnya merupakan program Timur Tengah dimana kelas ini akan mempelajari terkait pembekalan persiapan test kuliah di Timur Tengah dengan latihan soal dan berbagai persiapan lainnya yang terstandardisasi Internasional.

TOAFL (Test Of Arabic as a Foreign Language)[sunting | sunting sumber]

Selain itu juga terdapat program TOAFL yang ditargetkan untuk membantu peserta kursus mendapatkan skor TOAFL yang bagus. Mereka akan dibekali berbagai ilmu dan latihan soal TOAFL secara intens sehingga akan membantu mempersiapkan test TOAFL.

Tahfidz plus dua bahasa[sunting | sunting sumber]

Program unggulan paling diminati di Kampung Arab Pare adalah program tahfdz yang didesain khusus bagi mereka yang ingin mneghafal Al Quran sekaligus belajar bahasa arab atau bahasa inggris. Terdiri dari program tahfidz juz Amma, tahfidz Juz Amma +, Tahfidz 3 Juz, Tahfidz 5 Juz, dan Tahfidz 30 Juz. Peserta kursus akan ditempatkan pada asrama khusus tahfidz sehingga dapat tetap fokus pada hafalan Al Quran meski sambil belajar bahasa Arab atau inggris.

  1. ^ "Al Azhar – Kampung Arab Al Azhar Pare" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-03-10. 
  2. ^ kampung-arab. "Apa saja yang perlu dipersiapkan ketika kamu mau ke Kampung Arab Al-Azhar Pare? | Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Pare". Diakses tanggal 2020-03-10. 
  3. ^ "Profil | Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Pare". Diakses tanggal 2020-03-10. 
  4. ^ •BAZAR BERBAHASA ARAB [ Pare Kediri ], diakses tanggal 2020-03-10 
  5. ^ •Outbound Al Azhar English Academy di Ubalan Periode Juli - #Part1, diakses tanggal 2020-03-10 
  6. ^ kampung-arab. "Program Unggulan Kampung Arab Al Azhar | Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Pare". Diakses tanggal 2020-03-10.