Kampung Arab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Al Azhar merupakan lembaga kusus bahasa Arab terkemuka di Pare yang mencetuskan kawasan edukasi Kampung Arab Pare.

Kampung Arab merupakan istilah dari kawasan edukasi bahasa Arab yang terletak di jalan Cempaka wilayah desa Tulungrejo, kecamatan Pare, kabupaten Kediri, Jawa Timur. Letak Kampung Arab ini bersebelahan dengan Kampung Inggris, memiliki lingkungan yang religius dengan suasana yang sangat mendukung sebagai tempat mempelajari bahasa asing. Perkampungan ini menjadi kawasan belajar bahasa Arab yang sudah bertahun-tahun menjadi destinasi pilihan para pelajar dari berbagai penjuru Indonesia[1]. Bahkan tak jarang pelajar dari Malaysia, Singapura, Thailand, Libya, hingga Arab Saudi yang datang ke Kampung Arab[2]. Kawasan ini dicetuskan oleh salah satu lembaga kursus bahasa Arab di daerah itu yaitu Al Azhar Arabic Course yang aktif membimbing para peserta kursus bahasa Arab sejak didirikan pada awal tahun tahun 2013 silam yang tepat pada tanggal 1 Januari 2013.[3]

Belajar bahasa Arab di kampung Arab terasa lebih menyenangkan karena menggunakan metode ajar yang sangat efektif dan mudah,

Sejarah Kampung Arab[sunting | sunting sumber]

Selama ini kota Pare dikenal sebagai Kampung Inggris, namun kenyataannya bukan hanya bahasa inggris yang bisa dipejari disini. Terdapat berbagai bahasa lain terkhusus bahasa Arab. Sayangnya tak banyak orang yang tahu bahwa kawasan ini juga memiliki banyak lembaga belajar bahasa Arab.[4] Akhirnya salah satu lembaga kursus bahasa Arab di kawasan itu yang bernama Al Azhar mencetuskan Kampung Arab di daerah jalan cempaka desa Tulungrejo.[5] Al Azhar sendiri merupakan lembaga kursus bahasa Arab yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membiming pembelajaran dan pemahaman bahasa Arab. Sudah banyak alumni Al Azhar yang sukses mendapatkan beasiswa kuliah di Timur Tengah. Kampung Arab ini diharapkan mampu membantu mengembangkan minat belajar bahasa Arab di Indonesia.[6]

Lingkungan Belajar di Kampung Arab[sunting | sunting sumber]

Kampung Arab sejatinya memiliki lingkungan seperti perkampungan pada umumnya, hanya saja di kawasan ini terdapat banyak lembaga kursus bahasa arab yang aktif memberikan pembelajaran bahasa Arab dengan metode belajar khas kampung inggris yang mudah dan menyenangkan. Akses jalan menuju Kampung Arab sangat mudah. Terdapat bus, angkutan kota, becak, hingga ojek di kawasan ini. Selain itu wilayah ini juga memiliki berbagai komunitas ojek online sehingga sangat memudahkan banyak orang untuk mengakses lingkungan Kampung Arab. Banyak warung makanan, caffe, pedagang kaki lima, swalayan, laundry, toko buku, taman, dan lain sebagainya. Bahkan penyewaan sepeda, kias angin, dan motor juga tersedia di kawasan ini. Berbagai materi tentang bahasa Arab dapat anda pelajari disini

antara lain qowaid, mufrodhat, muhadatsah, khitobah, muqobalah, dan lain-lain[7].

  1. ^ Kompasiana.com. "Ternyata Terdapat Kampung Arab di Tengah-tengah Kerumunan Kampung Inggris". KOMPASIANA. Diakses tanggal 2020-01-15. 
  2. ^ Kompasiana.com. "150 Anak Malaysia Belajar Bahasa Arab di Al Azhar Pare Kediri". KOMPASIANA. Diakses tanggal 2020-01-15. 
  3. ^ admin (2019-12-02). "Kursus Bahasa Arab | Lembaga Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Pare". Kampung Arab Al-Azhar Pare. Diakses tanggal 2020-03-16. 
  4. ^ kampungarab (2020-01-14). "Kenapa memilih Program Fulltime Al Azhar?". Kampung Arab Net. Diakses tanggal 2020-03-16. 
  5. ^ "Belajar Nahwu Shorof Dengan Mudah? Kursus Bahasa Arab di Pare Saja". Kampung Arab ID. 2020-02-12. Diakses tanggal 2020-03-16. 
  6. ^ Kompasiana.com. "5 Lembaga Kursus Bahasa Arab Terbaik di Kampung Arab Pare". KOMPASIANA. Diakses tanggal 2020-01-15. 
  7. ^ "Bukan hanya Kampung Inggris, Kota Pare juga memiliki Kampung Arab". idstory.ucnews.ucweb.com. Diakses tanggal 2020-01-15.