Kamla Persad-Bissessar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
The Honourable

Kamla Persad-Bissessar

MP
Perdana Menteri Trinidad dan Tobago ke-7
Masa jabatan
26 Mei 2010 – Sekarang
Presiden George Maxwell Richards
Didahului oleh Patrick Manning
Digantikan oleh Sedang Menjabat
Ketua Persemakmuran
Masa jabatan
26 Mei 2010 – Sekarang
Didahului oleh Patrick Manning
Digantikan oleh Sedang Menjabat
Pemimpin Oposisi
Masa jabatan
25 Februari 2010 – 25 Mei 2010
Didahului oleh Basdeo Panday
Digantikan oleh Keith Rowley
Masa jabatan
26 April 2006 – 8 November 2007
Didahului oleh Basdeo Panday
Digantikan oleh Basdeo Panday
Ketua Serikat Kongres Nasional
Masa jabatan
24 Januari 2010 – Sekarang
Didahului oleh Basdeo Panday
Digantikan oleh Sedang Menjabat
Anggota Parlemen
untuk Siparia
Petahana
Mulai menjabat
1995
Didahului oleh Sahid Hosein
Mayoritas 15,808
Informasi pribadi
Lahir 22 April 1952 (umur 62)
Penal, Trinidad dan Tobago
Partai politik Serikat Kongres Nasional
Suami/istri Gregory Bissessar
Alma mater Universitas Hindia Barat
Profesi Pengacara
Agama Hinduisme
Situs web Situs resmi

Kamla Persad-Bissessar (lahir di Siparia[1], 22 April 1952; umur 62 tahun) adalah Perdana Menteri Republik Trinidad dan Tobago, orang ketujuh untuk memegang posisi ini. Dia dilantik sebagai Perdana Menteri pada 26 Mei 2010 dan merupakan wanita pertama negara Perdana Menteri.[2]

Persad-Bissessar adalah pemimpin politik dari Kongres Nasional Amerika dan memimpin Rakyat Kemitraan, sebuah koalisi lima partai, yang dibentuk untuk pemilihan umum 24 Mei 2010. Dia adalah wanita pertama yang menjabat sebagai Jaksa Agung, bertindak Perdana Menteri, Pemimpin Oposisi Trinidad dan Tobago. Dia menjadi Pemimpin Politik Kongres Nasional Amerika dan Oposisi pada 2010.[3]

Pendidikan dan Awal Karir[sunting | sunting sumber]

Kamla Persad-Bissessar lulus dari Sekolah Tinggi Iere dan melanjutkan untuk melanjutkan studi-nya di Universitas Hindia Barat, Norwood Technical College (Inggris), dan Hugh Wooding Sekolah Hukum. Akibatnya, dia diberikan sebuah B.A. (Hons.), Diploma dalam Pendidikan, B.A. sebuah Hukum (Hons.) dan Sertifikat Pendidikan Hukum. Pada tahun 2006 dia memperoleh Master Administrasi Bisnis Eksekutif (EMBA) dari Sekolah Lok Arthur Jack Pascasarjana Bisnis, Trinidad.

Setelah menyelesaikan studinya, Mrs Persad-Bissessar memasuki profesi guru. Sementara di Inggris mengejar studi, ia bekerja sebagai pekerja sosial dengan Gereja Masyarakat Inggris Anak dari London. Dia mengajar di Sekolah Tinggi St Andrew di Kingston, Jamaika dan di Kampus Mona di Jamaika. Kemudian, ia mengajar di kampus St Agustinus dari Universitas Hindia Barat di Trinidad. Pada College Jamaika Asuransi ia juga Dosen Konsultan. Langkah berikutnya adalah untuk kuliah di lembaga Pendidikan Tinggi. Setelah mengajar untuk total enam tahun, Mrs Persad-Bissessar kemudian menjadi penuh-waktu Jaksa-di-undang.

Karier Politik[sunting | sunting sumber]

Persad-Bissessar telah menjabat sebagai Member Parlemen untuk konstituen Siparia sejak tahun 1995. Dia menjabat sebagai Jaksa Agung pada tahun 1995 sampai Ramesh Maharaj mampu memisahkan dirinya dari kasus yang sedang berlangsung dan lagi pada tahun 2001 setelah Maharaj meninggalkan pesta. Ketika Amerika Kongres Nasional dibentuk Pemerintah pada tanggal 22 Desember 2000, ia dilantik sebagai Menteri Pendidikan.

Pada tanggal 25 April 2006, ia menerima dukungan dari mayoritas anggota parlemen oposisi untuk jabatan Pemimpin Oposisi.[4] Posisi Pemimpin Oposisi dinyatakan kosong oleh Presiden George Maxwell Richards[5] setelah Basdeo Panday didakwa gagal untuk membuat deklarasi yang akurat kepada Komisi Integritas mengenai rekening bank yang diadakan di London.[6] Bandingnya tertunda. Persad-Bissessar kemudian diangkat Pemimpin Oposisi pada tanggal 26 April 2006.

Pemimpin Politik[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 24 Januari 2010, Kamla Persad-Bissessar terpilih Pemimpin Politik Kongres Nasional Amerika, muncul menang atas pendiri partai, Mr Basdeo Panday. Dia resmi ditunjuk Pemimpin Oposisi pada 25 Februari 2010, setelah mendapatkan dukungan dari mayoritas anggota parlemen UNC.

Perdana Menteri[sunting | sunting sumber]

Persad-Bissessar mengambil kantor setelah kemenangan [Kemitraan [Rakyat]] di pemilihan umum 24 Mei 2010 mengalahkan pemerintah yang berkuasa Gerakan Nasional Rakyat, yang telah disebut awal pemilihan. Dia adalah Perdana Menteri wanita pertama dari Trinidad dan Tobago dan juga wanita pertama, Persemakmuran Ketua-di-Kantor.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Persad-Bissessar menikah dengan Dr Gregory Bissessar dan memiliki satu anak.[7]

Pada bulan Agustus 2011, petugas pemerintahan menyatakan bahwa Persad-Bissessar telah terserang demam berdarah, dan akan melaksanakan tugas-tugas Negara di bawah pengawasan medis.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Patrick Manning
Perdana Menteri Trinidad dan Tobago
2010–Sekarang
Petahana
Didahului oleh:
Basdeo Panday
Pemimpin Oposisi
2010
Diteruskan oleh:
Keith Rowley
Pemimpin Oposisi
2006-2007
Diteruskan oleh:
Basdeo Panday
Jabatan partai politik
Didahului oleh:
Basdeo Panday
Ketua Serikat Kongres Nasional
2010–Sekarang
Petahana
Jabatan diplomatik
Didahului oleh:
Patrick Manning
Ketua Persemakmuran
2010–Sekarang
Petahana