Kalsifikasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kalsifikasi merupakan istilah kedokteran yang sering digunakan untuk merujuk pada lintasan metabolisme yang merekatkan senyawa kalsium pada dinding pembuluh darah, jaringan maupun organ.[1]

Kalsifikasi vaskular[sunting | sunting sumber]

Kalsifikasi vaskular adalah endapan mineral kalsium fosfat, sering kali dalam bentuk hidroksiapatita, pada dinding pembuluh darah, yang merupakan salah satu fitur akibat aterosklerosis dan salah satu faktor risiko infark miokardial.[2] Kalsifikasi jenis ini dapat terjadi sebagai akibat dari proses penuaan, diabetes dan uremia. Sel vaskular seperti vascular smooth muscle cell (VSMC) dan sel pericyte-like merupakan sel yang berperan dalam kalsifikasi vaskular.

Kalsifikasi vaskular in vitro dapat distimulasi dengan senyawa asam gliserofosfat-beta, CaCl2, sodium piruvat, insulin, asam askorbat dengan deksametason sebagai medium kalsifikasi.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parker, Sybil, P (1984). Mc-Graw Hill Dictionary of Biology. Mc-Graw Hill Company. 
  2. ^ (Inggris) "Modulation of calcification of vascular smooth muscle cells in culture by calcium antagonists, statins, and their combination". Department of Cardiology, Leiden University Medical Center; Astrid Trion, Cindy Schutte-Bart, Wilhelmina H. Bax, J. Wouter Jukema, dan Arnoud van der Laarse. Diakses tanggal 2011-09-04. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]