Kalkriese

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Diduga situs dari akhir Pertempuran Hutan Teutoburg

Kalkriese adalah sebuah desa yang sekarang secara administratif bagian dari kota Bramsche di kota Osnabrück, Lower Saxony, Jerman. Desa ini berada di lereng utara dari Wiehen Hills, berbagai bukit yang membentuk seperti bubungan, di sebelah utara Osnabrück. Kalkrieser Berg atau Schmittenhöhe, sebuah bukit dengan tinggi 157 m (515 ft), dianggap oleh para arkeolog akan kemungkinan lokasi Pertempuran Hutan Teutoburg.

Pertempuran Hutan Teutoburg (bahasa Jerman: Schlacht im Teutoburger Wald, Hermannsschlacht atau Varusschlacht), digambarkan sebagai clades Variana ("Varian bencana") oleh sejarawan Romawi, mengambil tempat di Hutan Teutoburg pada tahun 9 M, ketika aliansi dari suku-suku Jermanik menyerang dan menghancurkan tiga legiun Romawi dan pendukung mereka, yang dipimpin oleh Publius Quinctilius Varus. Aliansi anti-Romawi dipimpin oleh Arminius, seorang petugas pasukan pembantu Varus yang telah mendapatkan kewarganegaraan Romawi dan menerima pendidikan militer Romawi.

Teutoburgiensis orang Romawi (Teutoburg Pass) diambil untuk merujuk ke pada strip tanah yang dibudidayakan dengan lebar 220 m (720 kaki) yang terletak di antara Kalkriese dan lahan sawah yang luas ke utara. Bagian di sepanjang lereng utara Kalkriese adalah jalan yang sulit karena kebutuhan untuk menyeberangi banyak sungai dan anak sungai yang dalam.[1] Sejak dimulainya penjelajahan resmi pada tahun 1988, lebih dari 5.500 benda-benda Romawi, terutama potongan-potongan peralatan militer, telah ditemukan di area seluas 17 km2 (6,6 sq mi):[2] Benda itu termasuk pedang dan belati Romawi, bagian lembing dan tombak, mata panah, sling batu, fragmen dari helm, boot kuku tentara, ikat pinggang, ikat chainmail, dan fragmen besi. diantara item yang paling signifikan adalah masker wajah Imperial yang paling awal dikenal. Barang-barang lain seperti kunci, pisau cukur, skala, bobot, pahat, palu, kapak, ember, jari cincin, instrumen bedah, segel kotak, stylus, kuali, casserole, sendok, dan amphorae. Perhiasan, jepit rambut, dan disk bros menunjukkan adanya wanita. Salah satu dari benda-benda tertulis adalah plumb bob dengan "CHOI", atau "C(o)HO(isr) I", yaitu "milik kelompok pertama". Satu lainnya adalah chainmail pengikat dengan tulisan: "M AIUS (cohortis) I (centuriae) FABRICI(i) M AII (cohortis) I (centuriae) FAB(ricii)" ("Marcus Aius dari kelompok saya, centuria dari fabricii; milik Marcus Aius dari gelombang I, centuria dari fabricii").[3] Koin penanda untuk memperingati adopsi cucunya Augustus, Lucius dan Gayus di 2 SM juga telah ditemukan di Kalkriese. Pada tahun 2016, sebuah penyelidikan arkeologi menemukan delapan aurei dekat bersama-sama di lokasi, menambah tujuh koin emas Romawi ditemukan sebelumnya dan cenderung menguatkan identifikasi Kalkriese sebagai lokasi pertempuran.[4][5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • Dinding Angrivarian

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kalkriese". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-02-19. Diakses tanggal 2007-07-20. 
  2. ^ Christian Ziehe. "Clades Variana". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-07-04. Diakses tanggal 2007-07-20. 
  3. ^ "The battle in the Teutoburg Forest". Diakses tanggal 2007-07-20. 
  4. ^ Caroline Flöring (2016-07-04). "Acht Goldmünzen auf dem antiken Schlachtfeld in Kalkriese gefunden" (dalam bahasa German). History, University of Osnabrück. 
  5. ^ "Gold coins discovered at German site where Roman legions were massacred". Archaeology News Network. 2016-07-02. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]