Kalervo Oberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kalervo Oberg (1901–1973) adalah seorang pelopor dalam bidang ekonomi dan antropologi terapan. Beliau lahir pada tanggal 15 Januari 1901 di Nanaimo. Oberg menerima gelar sarjananya dibidang ekonomi pada tahun 1928 di University of British Columbia dan gelar magisternya dibidang yang sama pada tahun 1930 di University of Pittsburgh. Tak lama setelah beliau lulus dari studi magisternya, Oberg meneruskan studi di bidang Antropologi di University of Chicago.[1]

Banyak penelitian yang dilakukan oleh Oberg, salah satu yang paling terkenal yaitu penelitiannya tentang culture shock yang melanda para imigran Amerika yang bekerja sebagai teknisi di Rio, Brazil. Hal ini disebabkan karena mereka belum pernah tinggal di luar negeri sebelumnya. Oberg melihat sindrom umum yang tampak pada imigran tersebut antara lain merasa senang ketika diberi penugasan ke luar Brazil, adanya peralihan yang cepat ke fase depresi, merasa kecewa, selalu mengkritik secara keras terhadap budaya Brazil, dan memiliki kesadaran akan kesehatan. Observasi Oberg mengenai hal tersebut kemudian dibahas bersama dengan istri - istri dari imigran Amerika yang berlokasi di suatu klub di Rio de Janerio secara informal. Informasi ini kemudian menyebar ke dalam kalangan personel Amerika yang bekerja di kedutaan dan lembaga bantuan Amerika di seluruh dunia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McComb, Marlin R.; Foster, George M. (1975). "Recent Deaths and Memorials: Kalervo Oberg (1901-1973)". American Indian Quarterly. 2 (1): 93–97. ISSN 0095-182X.