Kakawin Nirarthaprakreta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kakawin Nirarthaprakrĕta (aksara Jawa: ꦤꦶꦫꦫ꧀ꦡꦥꦿꦏꦽꦠ) merupakan salah satu kakawin yang memuat ajaran filsafat Hindu berbahasa Jawa Kuno. Poerbatjaraka[1] menyebutkan bahwa kitab ini memuat pelajaran ilmu kesempurnaan atau mistik. Informasi penulisan kakawin ini terdapat di bagian kolofon, yaitu dikerjakan pada tahun 1381 Śaka (1459 Masehi) di suatu daerah bernama Kancana (di Selatan Surabaya).

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Pada mulanya naskah ini sempat diduga sebagai Kuñjarakarna dan ditemukan bersama dengan Kakawin Negarakrĕtagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca. Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata naskah tersebut bukanlah Kuñjakarna, melainkan sumber tunggal Nirarthaprakrĕta.

Naskah ini dipelajari dan diterjemahkan ke Bahasa Belanda oleh Poeratjaraka, serta dimuat dalam jurnal Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenkunde 107 (1951) no 2/3, Leiden halaman 201-225.

Penulis[sunting | sunting sumber]

Pengarang kakawin ini tidak dapat diketahui secara pasti, walaupun dalam kolofon disebutkan "Tan Wring Deya" yang diduga merupakan pseudonim dari penulisnya, seperti Mpu Tantular dan Mpu Tanakung.

Isi[sunting | sunting sumber]

Berikut ini adalah contoh isi dari Nirartaprakrĕta.

Pupuh 1, Bait 1

Jawa Kuno: santawya ṅwaṅi jöṅ bhaṭāra paramārthātyanta riṅ niskala / saṅ tan sah sinamādhi muṅgwi tĕṅahiṅ hṛt-tikta śunyālaya / sūryopāma sirān prakāśa mĕnuhi sarwātma dīptojjwala / byaktāwās kahiḍĕp swa-dīpa sumĕnö lumre ṅ manah niścala

Indonesia: Kumohon ampun di bawah paduka Bhatara Paramartha yang niskala—tak berwujud, yang senantiasa menjadi tujuan samadi dan bersemayam di tengah-tengah alam kesunyian abadi. Bhatara laksana surya yang dengan perkasa memenuhi jiwa segala makhluk dengan cahaya yang gemilang, terang dan nyata-Nya bercahaya dengan sendirinya, menyinari hati yang tak goyah dengan sepenuh-penuhnya.

Kolofon

Jawa Kuno: iti nirarthaprakṛta samāpta tĕlas rinacana deniṅ pūpuṭut tan wriṅ deya 1381 (Śaka), uṅ aṅ saraswatyai namah. Siddhirastu sampūrṇa pwa yeṅ kañcana. Durgā Dewi tan len ika sthananya riṅ padmāmbara.

Indonesia: Demikianlah Nirarthaprakrĕta, ditulis oleh seorang calon pendeta Tan-wring-deya pada tahun 1381 Śaka. Ung, ang, sembah hamba kepada Dewi Saraswatî yang sempurna. Selesai ditulis di Kancana. Dewi Durga tidak lain bersemayam di mahligai teratai di surga.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kepustakaan Djawa
  1. Poerbatjaraka, R. 1952. Kepustakaan Djawa. Jakarta: Djambatan.
  2. Poerbatjaraka, R. 1951. Bijdragen tot de Taal-, Land- en Volkenunde 107. Amsterdam: Leiden.

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]