K.A.A. Gent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gent
Center
Nama lengkapKoninklijke Atletiek
Associatie Gent
JulukanDe Buffalos
Berdiri1864
StadionGhelamco Arena,
Ghent
(Kapasitas: 20,000)
KetuaIvan de Witte
ManajerHein Vanhaezebroeck
LigaLiga Pro Belgia
2018-195th
Kostum Kandang
Kostum Tandang
Kostum Ketiga

Koninklijke Atletiek Associate Gent adalah sebuah tim sepak bola Belgia yang bermain di divisi utama Liga Pro Belgia. Didirikan pada tahun 1864. Bermarkas di Ghent. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Ghelamco Arena yang berkapasitas 20.000 penonton. Seragam mereka berwarna biru putih.

Hoki lapangan dan divisi trek dan lapangan didirikan pada tahun 1864, menjadikannya salah satu klub olahraga tertua di Belgia. Klub itu kemudian dikenal dengan nama Prancisnya La Gantoise (dan masih disebut seperti itu di bagian Belgia yang berbahasa Prancis). Mereka mengubah nama mereka menjadi versi Belanda saat ini pada tahun 1971. Divisi sepak bola dibuka pada tahun 1900. Nama panggilan klub adalah De Buffalo's, sebuah istilah yang diciptakan setelah kunjungan Buffalo Bill asli dan sirkus Wild West-nya ke kota pada awal abad ke-20.

Gent menikmati mantra pertamanya di level tertinggi dalam sepak bola Belgia antara 1913–14 dan 1928–29, dan yang kedua dari 1936–37 hingga 1966–67. Pada 1970-an dan 1980-an, klub mengalami beberapa promosi dan degradasi antara divisi pertama dan kedua, sebelum kembali ke level tertinggi pada 1989. Klub mencapai perempat final Piala UEFA 1991–92, yang merupakan pencapaian terbaik mereka. dalam kompetisi Eropa.

Selain sepak bola, Gent juga memiliki cabang olahraga lain di bidang atletik dan hoki lapangan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1864, sebuah asosiasi yang disebut 'Société Gymnastique la Gantoise', yang ditugaskan untuk mempromosikan senam, didirikan. Beberapa cabang dengan cepat menjadi independen dan pada tahun 1891 tim bergabung dengan Association Athlétique, yang dengan sendirinya merupakan penggabungan tim yang lebih muda, seperti Racing Club, Running Club, dan Red Star. Tim penggabungan yang baru disebut Association Athlétique La Gantoise, dan selain senam, kegiatannya diperluas ke atletik, tinju, kriket, bersepeda, anggar, hoki, renang, dan tenis. Dalam konteks ini, tim atletik KAA Gent didirikan.

Dalam dekade terakhir abad ke-19, sepak bola terorganisir diperkenalkan di Ghent. Tim kecil yang berbeda didirikan dan beberapa bergabung ke dalam Racing Club Gantois pada 1 April 1899, yang kemudian menjadi penantang terbesar KAA Gent. Baru pada tahun 1900, bagian sepak bola didirikan oleh para mahasiswa College of Melle, yang merupakan tempat yang dekat dengan Ghent. Presiden pertama tim tersebut adalah dokter Hector Priem. Permainan itu dimainkan di Carpentierplein, yang terletak di persimpangan Kortrijksesteenweg, Clementinalaan, Oostendestraat, dan Astridlaan. Awalnya, warna hitam dan putih dipilih, tetapi pada tanggal 31 Oktober 1900, ketika tim menjadi anggota resmi, warnanya diubah menjadi biru dan putih. Pada tanggal 15 November 1900, pertandingan reguler pertama dimainkan, melawan Omnium Sporting Club. Pada bulan Januari 1901, tim bermain melawan Racing Club Gantois, yang pada waktu itu lebih besar dari keduanya. KAA Gent kalah dalam pertandingan dengan 10–0. Namun demikian, pada akhir abad ke-19 tim tersebut sudah menjadi anggota UBSSA (Union Belge des Sociétés de Sports Athlétiques atau Persatuan Belgia dari Perhimpunan Olahraga Atletik, dan meskipun Racing Club Gantois adalah tim tertua di kota tersebut, KAA Gent akan menerima nomor matrikul lebih rendah dari Racing Club, yang akan menerima 11. Pada tahun 1901 AA La Gantoise memainkan game pertamanya di divisi yang lebih rendah.

Selama beberapa tahun pertama, tim kebanyakan bermain di Divisi Kedua Belgia, dan kemudian di Divisi Pertama. Pada tahun 1904 tim pindah ke Mussenstraat. Pada tahun 1913, Pameran Dunia diadakan di tempat itu, dan tim pindah sekali lagi, kali ini ke Albertlaan. Di sana, lapangan sepak bola, lapangan latihan, lapangan tenis, lapangan atletik, galeri dan akomodasi lainnya sedang dibangun. Pada 9 Desember 1915, selama Perang Dunia Pertama, stadion terbakar habis. Pada tahun 1912–13, AA La Gantoise menjadi juara di Divisi II. Pada tahun 1914, tim menerima gelar kerajaan dan disebut Association Royale Athlétique La Gantoise, yang disingkat ARA La Gantoise. Selama pameran dunia, tim menyelenggarakan beberapa acara olahraga. Musim pertama di Liga Pertama, 1913–14, tetap sangat sulit bagi tim dan hanya melalui pertandingan uji coba melawan Standard Club Liégois, degradasi dapat dihindari.

Pada tahun 1920, tim pindah lagi, kali ini ke Gentbrugge, tempat Jules Ottenstadion dibangun. La Gantoise jatuh kembali ke Divisi Kedua dan baru pada tahun 1936 berhasil memenangkan play-off promosi dan kembali ke Divisi Pertama. Pada pertengahan lima puluhan, tim memainkan sepak bola terkuat mereka. Pada tahun 1953-54 itu berakhir ketiga dengan total poin yang sama dengan KFC Malinois dan hanya satu poin di belakang juara Anderlecht. Musim berikutnya, La Gantoise sendirian di tempat kedua, kali ini dengan tiga poin lebih sedikit dari sang juara. Pada tahun 1964 memenangkan Piala Belgia (Beker van België), yang merupakan kemenangan turnamen besar pertama untuk tim. Karena kemenangan piala mereka, itu menjadi tim Belgia pertama yang berpartisipasi di Piala Winners Eropa. La Gantoise dikalahkan di babak pertama oleh West Ham United. Pada tahun 1967, klub terdegradasi sekali lagi, setelah tiga dekade bermain di Divisi Pertama. Namun, mereka hanya membutuhkan waktu satu tahun untuk mendapatkan promosi lagi.

Pada tahun 1971, nama tim diterjemahkan ke dalam bahasa Flemish, menjadi "Koninklijke Atletiek Associatie Gent" (umumnya dikenal sebagai KAA Gent atau AA Gent). Musim 1970-71 adalah awal dari dekade yang buruk bagi Ghent. Mereka terdegradasi ke Divisi Kedua enam pertandingan sebelum musim berakhir, setelah kekalahan dari Club Brugge. Pada tahun 1974, mereka bahkan terdegradasi ke Divisi III. Ghent telah berakhir terakhir dan tidak dapat memastikan promosi ke Divisi Kedua di babak final. Setelah satu musim, mereka akan kembali ke Divisi Kedua dan tetap di sana sampai tahun 1980, ketika tim kembali ke Divisi Pertama. Tahun 1980-an akan menjadi periode yang jauh lebih baik bagi tim. Pada tahun 1984 mereka memenangkan Piala Belgia lagi, dan selama periode itu tim bermain di kompetisi Eropa empat kali. Pada 1986-87, Ghent mencapai putaran ketiga di Piala UEFA. Pada tahun 1988 tim jatuh kembali ke Divisi Kedua untuk sementara waktu, namun berkat play-off promosi, mereka dapat kembali ke Divisi Pertama setelah satu musim. Peran penting dimainkan oleh anggota Dewan Direksi, Marc Mortier, yang berkonsultasi dengan Perdana Menteri Belgia, Wilfried Martens, untuk mendirikan sebuah organisasi bernama Foot Invest, untuk membuat tim kembali ke jalurnya secara finansial. Marc Mortier mengumpulkan lebih dari 50 juta franc Belgia (1,25 juta euro) dalam mensponsori dalam beberapa bulan dan memperkenalkan VDK Spaarbank sebagai sponsor utama tim.

Pada 1990-91, tim bermain di puncak klasemen untuk waktu yang lama, di bawah bimbingan René Vandereycken dan pemain seperti Frank Dauwen, Eric Viscaal dan Erwin Vandenbergh, tetapi akhirnya berakhir di tempat ketiga. Jadi, alih-alih bersaing di Liga Champions UEFA, tim bermain di Piala UEFA pada tahun 1991. Setelah mengalahkan Lausanne-Sport, Eintracht Frankfurt dan Dynamo Moscow, Ghent memainkan perempat final melawan Ajax. Tahun-tahun berikutnya, Ghent jatuh kembali ke tempat yang lebih rendah di klasemen. Dari tahun 1994 sampai 1997, mereka selesai tepat di atas tempat degradasi di liga. Pada akhir 1990-an hasil meningkat lagi, dan dengan pelatih Trond Sollied, KAA Gent lolos ke sepak bola Eropa sekali lagi pada 1999-00.[16] Di seri ini, Ghent kalah telak melawan Ajax, di bawah pelatih baru Henk Houwaart. Musim berikutnya, Ghent mencapai Piala Intertoto UEFA, di mana ia akan mencapai semi-final melawan PSG. Musim berikutnya, hasil liga bervariasi antara tempat sub-top yang lebih rendah dan finis empat besar.

Pada tahun 2004, Ghent menandatangani pelatih Georges Leekens. Di musim pertamanya, tim berakhir di tempat keenam dalam kompetisi. Dengan Leekens sebagai pelatih, KAA Gent membuat beberapa penampilan yang mengesankan, seperti kemenangan 4-1 atas rival Club Brugge pada 1 April 2006. Pada 2006-07, meskipun awal kompetisi yang lemah, tim berhasil mencapai tempat keempat di Liga Pro Belgia. Ini mengulangi pencapaian itu pada tahun berikutnya.

Musim berikutnya, pelatih Georges Leekens meninggalkan klub dan bergabung dengan Lokeren. Trond Sollied, pelatih Norwegia yang sangat sukses tujuh tahun sebelumnya, menggantikannya. Di bawah bimbingannya, KAA Gent memainkan Final Piala ketiga, di mana ia hanya kalah di akhir dari Anderlecht. Sollied meninggalkan Ghent lagi setelah satu musim, kali ini untuk Heerenveen. Michel Preud'homme, yang baru saja menjadi juara Jupiler Pro League bersama Standard Liège, menandatangani kontrak selama tiga musim, bersama rekan-rekannya Manu Ferrera dan Stan van den Buys. Pada 2008-09, tim berakhir di tempat keempat, setelah comeback yang kuat di bagian kedua kompetisi, dengan jumlah poin yang sama dengan Club Brugge, yang telah memenangkan satu pertandingan lagi dan berakhir di urutan ketiga.

Pada 2009–10, terjadi pertarungan sengit untuk memperebutkan tempat kedua di Liga Pro Belgia antara AA Gent dan Club Brugge dan tiket Liga Champions yang menyertainya. Mereka bermain satu sama lain pada tanggal 8 Mei 2010. Ghent menang dengan skor meyakinkan 6-2 dan memenangkan tempat kedua karena kemenangan itu. Satu minggu kemudian, Ghent juga memenangkan Piala Belgia untuk pertama kalinya dalam 26 tahun, mengalahkan tim Liga Pro Bruges lainnya, Cercle Brugge.

Pada 17 Juli 2013, klub secara resmi meresmikan stadion baru mereka, Ghelamco Arena, dengan kemenangan 2-0 atas VfB Stuttgart dalam pertandingan gala.

Pada 21 Mei 2015, Ghent meraih gelar Liga Belgia pertama mereka dengan mengalahkan Standard Liège 2-0 di kandang, secara otomatis lolos ke babak grup Liga Champions UEFA. Gent diundi di Grup H, melawan juara Rusia Zenit Saint Petersburg, tim Spanyol Valencia dan Lyon Prancis. Sang juara Belgia mampu tampil lebih baik dari yang diharapkan. Pada matchday 1, Ghent bermain imbang 1-1 dengan Olympique Lyon di Ghelamco Arena, mengamankan poin pertama mereka di babak grup Liga Champions, setelah Milićević mencetak gol untuk menyamakan skor, kebobolan gol Jallet. Pada matchday 2, mereka dikalahkan oleh Zenit 1-2 di Stadion Petrovsky, Saint Petersburg, Rusia; mereka dipimpin 0-1 dengan gol oleh Dzyuba dan berhasil membawa skor menjadi imbang 1-1 dengan gol oleh Matton, tetapi pemain internasional Rusia Shatov mencetak gol untuk kekalahan penyisihan grup Liga Champions pertama Ghent. Pada matchday 3, mereka kalah lagi 1-2 melawan Valencia di Mestalla, Valencia, Spanyol; mereka menahan Valencia dalam dasi 1-1 sebelum istirahat setengah, tapi gol bunuh diri Mitrovi di menit ke-71 mengakhiri harapan mereka untuk imbang. Pada matchday 4, di Ghelamco Arena, Gent mengalahkan Valencia 1-0, setelah Kums sukses mengonversi tendangan penalti pada menit ke-49 untuk meraih kemenangan bersejarah pertama mereka di Liga Champions. Pada matchday 5, di Stade de Gerland, Lyon, Prancis, Ghent mengalahkan Lyon 2-1; Gol 0-1 Ferri kebobolan ketika Milićević menyamakan skor, hanya untuk pemain pengganti Coulibaly yang mencetak gol kemenangan paling dramatis dengan sentuhan terakhir pertandingan, pada menit ke-95 saat Gent lolos ke Liga Champions atau Europa Fase knockout liga. Untuk lolos ke fase knock-out Liga Champions, Gent membutuhkan kemenangan melawan pemimpin grup Zenit, karena itu bisa lolos bahkan jika Valencia akan menang di Lyon berkat gol tandang mereka. Pada 6 Maret, Gent menang 2-1 melawan Zenit, menyelesaikan grup di tempat kedua dan menjadi tim Belgia kedua yang melaju ke fase knockout Liga Champions, saat Lyon mengalahkan Valencia, setelah Anderlecht pada 2000-01. Di babak 16 besar, mereka bermain imbang melawan Wolfsburg. Pada leg pertama di Ghelamco Stadium, Ghent, Belgia, Gent dikalahkan 2-3 oleh Wolfsburg, setelah sempat unggul 0–3 dan berhasil mencetak dua gol dalam sepuluh menit terakhir. Game kedua, kali ini di Wolfsburg, berakhir 1-0, mengakhiri turnamen Eropa Ghent.

Rival[sunting | sunting sumber]

KAA Gent memiliki persaingan sengit dengan Club Brugge, dalam apa yang disebut sebagai "Pertempuran Flanders" di media karena ini adalah antara dua ibu kota budaya Flanders (Antwerp secara historis merupakan bagian dari Kadipaten Brabant). Ada juga banyak pendukung Club Brugge di kota Ghent karena migrasi internal dari Flanders Barat ke kota, serta di seluruh wilayah Flanders, sementara KAA Gent bangga dengan identitas lokal mereka.

The Buffalo juga berbagi persaingan lokal kecil dengan KSC Lokeren.

Skuat[sunting | sunting sumber]

Per 1 Februari 2016.[1]

Tim utama[sunting | sunting sumber]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
1 GK Belgia BEL Matz Sels
4 DF Brasil BRA Rafinha
7 FW Mali MLI Kalifa Coulibaly
8 MF Belgia BEL Thomas Matton
9 FW Belgia BEL Laurent Depoitre
10 MF Brasil BRA Renato Neto
11 FW Senegal SEN Simon Diedhiou
13 DF Serbia SRB Stefan Mitrović (on loan from Freiburg)
14 MF Belgia BEL Sven Kums Kapten
15 MF Israel ISR Kenny Saief
16 MF Belgia BEL Rob Schoofs
17 MF Belgia BEL Hannes van der Bruggen
18 MF Prancis FRA Lucas Déaux
No. Pos. Negara Pemain
19 MF Belgia BEL Brecht Dejaegere
20 GK Belgia BEL Yannick Thoelen
21 DF Ghana GHA Nana Asare
22 FW Norwegia NOR Gustav Wikheim
23 DF Denmark DEN Lasse Nielsen
25 GK Belgia BEL Brian Vandenbussche
27 FW Nigeria NGA Moses Simon
29 DF Israel ISR Hatem Abd Elhamed
32 FW Belgia BEL Thomas Foket
55 DF Israel ISR Rami Gershon
77 MF Swiss  SUI Danijel Milićević
99 FW Nigeria NGA Peter Olayinka

Dipinjamkan[sunting | sunting sumber]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
FW Belgia BEL Benito Raman (ke Sint-Truiden)
DF Nigeria NGA William Troost-Ekong (ke Haugesund)
MF Albania ALB Enis Gavazaj (ke Roeselare)
MF Belgia BEL Jari Vandeputte (ke Eindhoven)
MF Bosnia dan Herzegovina BIH Nermin Zolotić (ke Željezničar)
MF Serbia SRB Marko Poletanović (ke Zulte Waregem)
No. Pos. Negara Pemain
MF Belgia BEL David Hubert (ke Mouscron)
MF Bosnia dan Herzegovina BIH Haris Hajradinović (ke Haugesund)
FW Guyana Prancis GUF Sloan Privat (ke Guingamp)
FW Zambia ZAM Rodgers Kola (ke Veria)
FW Kamerun CMR Serge Tabekou (ke Sedan)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "KAA Gent current squad (2014–2015)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-29. Diakses tanggal 1 September 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]