Jun Henmi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Jun Henmi
辺見 じゅん
Pekerjaan Penulis, Penyair
Kebangsaan Jepang
Kewarganegaraan Jepang
Aliran sastra Fiksi, nonfiksi
Karya terkenal Otoko-tachi no Yamato
Shuuyoujo kara Kita Isho

Jun Henmi (辺見 じゅん, Henmi Jun) (lahir dengan nama Mayumi Shizumi (清水 眞弓, Shizumi Mayumi) di Mizuhashi, Prefektur Toyama, 26 Juli 1939 – meninggal di Tokyo, Jepang, 21 September 2011 pada umur 72 tahun[1]) adalah seorang penulis dan penyair berkebangsaan Jepang. Ia dikenal karena karya-karya fiksi dan nonfiksi tentang orang-orang dipengaruhi oleh Perang Dunia II. Henmi adalah putri Genyoshi Kadokawa, pendiri penerbit Kadokawa Shoten dan kakak dari Haruki Kadokawa.

Henmi memenangkan Hadiah Budaya Nitta Jiro pada tahun 1984 untuk buku tahun 1983 Yamato: Pertempuran Terakhir (男たちの大和, Otoko-tachi no Yamato),[1] yang tentang anggota awak kapal perang Jepang Yamato dan perjalanan akhir mereka selama Operasi Ten-Go. Buku itu kemudian dibuat menjadi film dengan judul sama 2005. Henmi juga memenangkan dua penghargaan sastra nonfiksi untuk karya tahun 1989 Shuuyoujo kara Kita Isho (収容所から来た遺書, Shūyōjo kara Kita Isho) tentang catatan yang diterima 10 tahun setelah Perang Dunia II oleh keluarga seorang pria yang meninggal di kamp penjara Rusia di Siberia.[2]

Henmi meninggal pada 21 September 2011 dalam usia 72, setelah pingsan di rumahnya di pinggiran kota Tokyo.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "作家で歌人の辺見じゅんさん死去 「男たちの大和」の作家" (dalam bahasa Jepang). MSN Sankei News. 22 September 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 September 2011.  Parameter |trans_title= yang tidak diketahui akan diabaikan (bantuan)
  2. ^ Kyodo News, "War fiction author Henmi dies at 72", Japan Times, 23 September 2011, p. 2.