Jubah nyonya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jubah nyonya
Alchemilla
Botanical illustration of Alchemilla vulgaris
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
KladSuperrosidae
Kladrosids
Kladfabids
OrdoRosales
FamiliRosaceae
GenusAlchemilla
Linnaeus, 1753
Tata nama
Dinamakan berdasarkanalkimia
Sinonim takson
  • Alchimilla Mill.
  • Aphanes L.
  • Lachemilla (Focke) Rydb.
  • Percepier Moench
  • Zygalchemilla Rydb.[1]
Species
See text

Alchemilla adalah genus tanaman tahunan herba dalam keluarga Rosaceae, dengan nama umum jubah nyonya. Tanaman yang digunakan sebagai teh herbal atau untuk pengobatan seperti gangguan ginekologi adalah Alchemilla xanthochlora atau di Eropa Tengah disebut mantel wanita biasa Alchemilla vulgaris . Terdapat sekitar 700 spesies, sebagian besar berasal dari daerah beriklim sejuk dan subarktik di Eropa dan Asia, dengan beberapa spesies asli pegunungan Afrika dan Amerika.[2]

Sebagian besar tanaman jubah nyonya adalah tanaman keras yang membentuk rumpun atau gundukan dengan daun basal yang timbul dari rimpang berkayu. Beberapa spesies memiliki daun dengan lobus yang menyebar dari titik yang sama dan spesies lainnya memiliki daun yang terbagi—keduanya biasanya berbentuk kipas dengan gigi kecil di ujungnya. Daun bertangkai panjang, berwarna abu-abu kehijauan hingga hijau sering kali ditutupi dengan bulu-bulu lembut, dan menunjukkan tingkat ketahanan air yang tinggi (lihat Efek Teratai ). Bunga hijau kuning hingga cerah berukuran kecil, tidak memiliki kelopak dan muncul berkelompok di atas dedaunan pada akhir musim semi dan musim panas.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Alchemilla L". Plants of the World Online (dalam bahasa Inggris). Royal Botanic Gardens, Kew. Diakses tanggal 14 January 2022. 
  2. ^ "Alchemilla L". Atlas of Living Australia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-08-31. Diakses tanggal 2018-02-11.