Joseph Serchuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Joseph Serchuk (1919 - 6 November 1993) adalah komandan Yahudi partisan unit di Lublin daerah di Polandia Selama Perang Dunia II. Setelah perang, ia bersaksi di persidangan Nazi dan ia menerima pengakuan khusus dari Negara Israel.

Setelah kedua orangtuanya dan anggota keluarga lainnya tewas dalam ghetto pada 1941, Yusuf dan saudaranya David dibawa ke Sobibor kamp pemusnahan. setelah satu hari di kamp ia melarikan diri dengan saudaranya ke hutan terdekat dan bersama-sama dengan lainnya melarikan diri ia mendirikan inti dari kelompok partisan. Selama perang, kelompok yang dipimpin oleh Yahudi yang berhasil lolos dari ghetto tertangkap di dekatnya dan dari Sobibor. Kelompok ini juga penulis Dov Freiberg.

Setelah Yusuf perang mengambil bagian dalam mencari melarikan diri Nazi penjahat perang di Eropa, dan menjabat sebagai saksi dalam Nuremberg Trials. Lalu kembali ke Polandia dan diterapkan untuk beremigrasi ke Israel, tapi ditolak.

Pada 1950 memperoleh paspor dan pergi ke Israel. Segera pada saat kedatangan di Israel dirancang sebagai prajurit dalam militer. Setelah kebaktian, ia menikah, menetap di Yad Eliyahu di Tel Aviv dan usaha industri dan kewirausahaan.

Selama bertahun-tahun pergi Serchuk ke Eropa beberapa kali untuk bersaksi dalam pengadilan penjahat perang Nazi. Dalam satu, sidang Oberscharführer Hugo Raschendorfer, ia adalah saksi penuntut saja. Setelah Raschendorfer dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, Serchuk dianugerahi penghargaan khusus dari Departemen Investigasi Kejahatan Nazi dari Israel Kepolisian.

Pada 1967 Levi Eshkol, yang Perdana Menteri Israel, memberinya Fighters terhadap Medali Nazi, dan 1968 ia menerima selain itu Fighters Negara Medal.

Dia melihat pembentukan dan penguatan IDF dan Negara Israel dan wanita kelahiran Yahudi - membalas dendam melawan Nazi membantai semua keluarga besarnya.

Serchuk meninggal pada 1993 di Tel Aviv pada usia 74. Menikah, dan meninggalkan sembilan anak dan lebih dari seratus cucu dan cicit.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]