José Andrés

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
José Andrés

José Ramón Andrés Puerta (pengucapan bahasa Spanyol: [xoˈse raˈmon anˈdɾes ˈpweɾta]; lahir 13 Juli 1969) adalah pemilik rumah makan dan jurutama masak kelahiran Spanyol. Ia pergi dari rumah orang tuanya saat berusia 15 tahun dan belajar hidup mandiri dengan mengandalkan keahliannya di bidang perhotelan. Ia lalu bersekolah di sekolah kuliner, hingga mendapat bimbingan di bawah pengawasan seorang koki terkemuka.

Sebelum berangkat ke Amerika Serikat (AS) pada usia 21 tahun, Jose Andres menjalani waktu di Angkatan Laut Spanyol. Pada tahun 1993, Jose Andres memimpin rumah makan terkemuka di New York dan Washington. Ia kemudian mulai meluncurkan lebih dari 30 rumah makan, sebagian besar di AS.

Ia menjadi sukarelawan di inisiatif DC Central Kitchen, yang menggunakan kembali makanan di kota untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan. Hal ini memicu minatnya pada ranah derma. Ia mendirikan World Central Kitchen pada tahun 2010. Tiga tahun kemudian, ia mendapat kewarganegaraan AS dan menikah serta memiliki tiga anak perempuan.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]