Jonathan Swift

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jonathan Swift
Lahir(1667-11-30)30 November 1667
Dublin, Irlandia
Meninggal19 Oktober 1745(1745-10-19) (umur 77)
Irlandia
Pekerjaansatire, esai, penyair, pendeta

Jonathan Swift (30 November 166719 Oktober 1745) adalah seorang pengarang berkebangsaan Irlandia yang juga tertarik kepada dunia politik dan agama. Pada mulanya, karangan-karangannya menyokong pandangan politik bebas pada zamannya, tetapi kemudian dia menjadi penganut aliran konservatif. Dia juga ternyata memiliki banyak musuh politik dan harapannya untuk mencapai kedudukan tinggi dalam pemerintahan tidak terkabul.

Karena dia sangat mendukung perjuangan bangsa Irlandia, penulisan-penulisannya yang menyerang kebijakan politik dan perdagangan bangsa Inggris, dan hal itu menjadikan dia sebagai pahlawan nasional di Irlandia. beberapa pengeritik berpendapat bahwa karena Swift telah mengalami banyak kekecewaan, dia menjadi seorang yang bingung dan pemarah. Namun ada pula yang menganggap dia sebagai seorang idealis yang berjuang untuk kemerdekaan dan keadilan bagi semua orang.

Karyanya yang terkenal di antaranya adalah Gulliver's Travels, A Modest Proposal, A Journal to Stella, The Drapier's Letters, The Battle of the Books, dan A Tale of a Tub.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]