Jon Erizal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jon Erizal
Lahir30 Desember 1961 (umur 62)
Bengkalis, Riau
KebangsaanIndonesia
AlmamaterUniversitas Jayabaya, Jakarta
Universitas Gadjah Mada
PekerjaanPolitisi, pengusaha
Dikenal atasBendahara Umum Partai Amanat Nasional
Suami/istriRita Benny Latief
AnakVasthi Juwita Permata Erizal
Azura Fidya Kirana Erizal
Vania Madina Erizal
Bangga Alam Pradana Erizal
Orang tuaMuhammad Yatim Awal
Torlina

H. Jon Erizal, S.E., M.B.A. (lahir 30 Desember 1961) adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia. Ia menjabat sebagai Bendahara Umum Partai Amanat Nasional sejak tahun 2010.[1][2][3]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Jon Erizal yang lahir di Kampung Parit Bangkung, Bengkalis, Riau ini merupakan putra dari pasangan Muhammad Yatim Awal (ayah) dari Rao Rao, Tanah Datar dan Torlina (ibu) asal Payakumbuh, Sumatera Barat. Ia menikah dengan Rita Benny Latief. Mereka memiliki empat orang anak, tiga orang perempuan dan seorang laki-laki, yaitu Vasthi Juwita Permata Erizal, Azura Fidya Kirana Erizal, Vania Madina Erizal, dan Bangga Alam Pradana Erizal.[4]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Jon Erizal menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Negeri 8 pada tahun 1974 dan SMP Negeri 1 pada tahun 1977 di kampung halamannya, Bengkalis. Sedangkan pendidikan SMA dilaluinya di Jakarta mengikuti orang tua laki-lakinya yang pindah ke ibu kota, dan berhasil diselesaikannya pada tahun 1981.

Selanjutnya, Jon melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi dengan kuliah pada Fakultas Ekonomi Universitas Jayabaya, Jakarta, dan meraih gelar S-1 pada tahun 1987. Pada tahun 2012, gelar Magister Manajemen (master) dapat pula diraihnya dari Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Karier[sunting | sunting sumber]

Karier Jon Erizal sebagai seorang profesional dimulainya sejak ia menamatkan pendidikan tingginya di Universitas Jayabaya dengan bekerja di berbagai perusahaan serta perbankan dan sempat mencapai posisi direktur pada salah satu bank swasta nasional. Setelah bekerja beberapa tahun, pada tahun 2002, ia terjun ke dunia wirausaha dan bergerak di bidang usaha perminyakan dan gas. Ia memimpin perusahaan dengan jabatan Direktur Utama pada PT Arthindo Utama yang beroperasi di berbagai daerah di Indonesia.

Organisasi[sunting | sunting sumber]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ PAN Usung Jon Erizal dan Mambang Mit Jadi Cagub dan Cawagub Riau detikNews, 29 Mei 2013. Diakses 5 Agustus 2013.
  2. ^ PAN calonkan Jon Erizal cagub Riau ANTARA News, 27 Mei 2012. Diakses 5 Agustus 2013.
  3. ^ https://issuu.com/riau-global/docs/semua
  4. ^ Profil Jon Erizal, Bakal Calon Gubernur Riau 2014-2019 Diarsipkan 2013-09-06 di Wayback Machine. Riauaktual.com, 19 Oktober 2012. Diakses 5 Agustus 2013.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]