Lompat ke isi

John Thivy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ஜான் திவி
John Thivy
Pemimpin pertama partai Kongres India Malaysia
Masa jabatan
1946–1947
Pengganti
Budh Singh
Sebelum
Masa jabatan
1946–1947
Informasi pribadi
Lahir1904
Kuala Kangsar, Perak
Meninggal4 Juni, 1959
Kuala Kangsar
Partai politikKongres India Malaysia
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

John Aloysius Thivy (1904 - 4 Juni 1959) adalah pemimpin pertama Kongres India Malaysia. Dia adalah sosok yang tak terlupakan dalam sejarah Kongres India Malaysia . Seorang tokoh yang tak tergantikan dalam membangun sebuah partai politik untuk Orang IndiaIndia di Malaysia. Dia dihormati sebagai pahlawan oleh Nehru Subhash Chandra Bose. Dia hidup sebagai tokoh terkemuka dalam politik orang India di Malaysia.

Dia bertugas dengan penuh semangat dalam Angkatan Darat Nasional India dan bekerja sebagai pejabat senior di Myanmar. Dia juga berperan dalam menghadapi Inggris bersama Nehru. Pada bulan September 1945, dia ditahan di Penjara Changi di Singapura. Dia mengalami masa tahanan selama 18 bulan. Setelah kemerdekaan India, dia dibebaskan. Dia berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan India.

John Thivy juga pernah diangkat sebagau perwakilan resmi India untuk negara-negara seperti Hong Kong, Taiwan, Sarawak, Brunei, Mauritius dan Belanda.

Kehidupan Pribadi dan kerjaya[sunting | sunting sumber]

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

John Thivy lahir pada tahun 1904 di Kuala Kangsar, Perak, Malaysia. Nama lengkapnya adalah John Aloysius Thivy. Ayahnya, Louis Thivy, adalah seorang pedagang rempah-rempah dan pengusaha di Kuala Kangsar.Dia mempelajari pendidikan dasarnya di Sekolah Inggris Clifford di Kuala Kangsar[1]

Pertemuan dengan Mahatma Gandhi[sunting | sunting sumber]

Kemudian, dia melanjutkan pendidikannya di Sekolah St. George's, Taiping. Dia kemudian melanjutkan studi hukum di Universitas Madras. Setelah itu, dia pergi ke London untuk mengejar pendidikan hukum tambahan.

Selama periode ini, dia bertemu dengan Mahatma Gandhi. Dia sangat terinspirasi oleh pergerakan kemerdekaan India.Setelah kembali ke Malaya, dia memulai karirnya sebagai pengacara di Ipoh. Dia aktif dalam kepemimpinan Kongres India Malaya dan kemudian memainkan peran yang signifikan dalam urusan umum setelah menjadi pemimpin Kinta Indian Association. Pada tahun 1940, dia telah mendapatkan posisi sebagai pengacara di Ipoh.

Pemerintahan sementara India[sunting | sunting sumber]

Ketika Subhas Chandra Bose tiba di Malaya, dia memiliki kesempatan untuk bertemu dengannya. Melalui pertemuan ini, dia mendapatkan kasih sayang dan dukungan dari Subhas Chandra Bose. Dia bergabung dengan Tentara Nasional India yang berjuang melawan Inggris. Dia hidup dengan tekad tinggi untuk memperjuangkan keyakinan Subhas Chandra Bose.

Pada tanggal 21 Oktober 1943, Pemerintahan Sementara India Merdeka didirikan di Singapura, dan John Thivy mendapatkan tempat di dalam kabinet. Setelah itu, dia mulai secara aktif terlibat dalam berbagai aspek kehidupan sosial, politik, dan publik tanpa meninggalkan praktik hukumnya sepenuhnya. Dia juga mendukung Subhas Chandra Bose dalam berbagai usaha untuk memperjuangkan kemerdekaan India.

Selama periode ini, orang India di Malaya, Singapura, termasuk Nehru, Rajbhasha Bose, dan John Thivy, menjadi figur utama. Pada 21 Agustus 1945, India merayakan kemerdekaannya di Singapura dan Malaya. Mereka telah mencapai puncak keberhasilan mereka. Tetapi sebelum itu, pada 18 Agustus, dalam kecelakaan pesawat yang terjadi saat Subhas Chandra Bose berusaha menuju Tokyo, pahlawan kemerdekaan, Netaji, meninggal dunia.[2].

Penjara Changi di Singapura[sunting | sunting sumber]

Setelah kecelakaan itu, Angkatan Darat India menyusun kembali tanpa kehadiran pemimpin. Pemimpin India yang penting dalam Angkatan Darat India ditangkap oleh Angkatan Darat Inggris dan dipenjarakan di Penjara Changi di Singapura. Mereka dipenjarakan setelah kemerdekaan India tercapai. John Thivy juga ditangkapp.

John Thivy menyadari bahwa Malaya juga harus meraih kemerdekaannya setelah India merdeka.

Pembentukan MIC[sunting | sunting sumber]

Konstitusi Nasional untuk Orang India Malaya[sunting | sunting sumber]

John Thivy memutuskan untuk bergabung dengan teman-temannya untuk berjuang memperoleh kemerdekaan bagi Malaya. Dia menyadari pentingnya memiliki sebuah partai politik yang mewakili komunitas India di Malaya. Sebagai hasil dari pemikirannya, pada tanggal 3, 4, dan 5 Agustus 1946, diadakan Kongres Malaya India di Kuala Lumpur.

Pada acara tersebut, didirikan Kongres Malaya India, menandakan awal terbentuknya Kongres India Malaysia (MIC). Anggota-anggota dari Angkatan Darat India yang sudah mendapat dukungan luas di kalangan komunitas India di Malaya memainkan peran kunci dalam pembentukan ini. Berkat semangat mereka, sebuah partai politik yang independen didirikan untuk mewakili komunitas India di Malaysia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sejarah Sekolah Kebangsaan Clifford bermula dari tahun 1887". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-12-29. Diakses tanggal 2011-11-24. 
  2. ^ The alleged death of Subhas Chandra Bose, the supreme commander of Azad Hind Fauj and Free India Legion in a plane crash in Taiwan on August 18, 1945, has long been the subject of dispute.