John Julian (pendeta)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

John Julian (27 Januari 1839 – 23 Januari 1913) [1] (tidak ada nama tengah di akta kelahiran) adalah seorang pendeta Gereja Inggris, yang dikenal sebagai editor A Dictionary of Hymnology .[2] Sepanjang abad kedua puluh dan memasuki abad kedua puluh satu, ini adalah referensi umum bagi mereka yang mempelajari himne dan himnologi . Perkiraannya sendiri adalah ada 400.000 himne dalam lingkup bidang pilihannya; koresponden penelitiannya berjumlah lebih dari 1000.[3] Itu hanya digantikan lebih dari satu abad kemudian oleh Canterbury Dictionary of Hymnology online.[4]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Julian dianugerahi gelar kehormatan oleh Universitas Durham (MA, 1887); gelar Lambeth ( DD, 1894), dan gelar kehormatan dari Howard University, Washington DC (LL.D., 1894).

Putra dari Thomas dan Ann Julian, dia dibesarkan sebagai seorang Metodis Wesleyan, dan menjadi pendeta Masa Percobaan pada tahun 1861 pada usia 22 tahun. Pada tahun 1864 ia dipecat dari pelayanan karena 'perilaku tidak pantas sehubungan dengan pertunangan perkawinan' (kata umum untuk 'pelanggaran janji').

Dia pindah ke Gereja Inggris, dan dilatih menjadi imam di Universitas Durham (1864-66)

Dia adalah Vikaris Wincobank dari tahun 1876. Pada bulan November 1901 dia dilantik Prebendary Gereja Fenton di York Minster .[5] Dia kemudian menjadi Canon of York . Sejak tahun 1905, dia menjadi Vikaris Topcliffe, Yorkshire.

Selama di Wincobank dia meneliti dan menyiapkan tiga juta kata dari karya utama keilmuan yang membuatnya terkenal: A Dictionary of Hymnology, yang menguraikan Asal Usul dan Sejarah Nyanyian Rohani Kristen dari segala Zaman dan Bangsa, dengan referensi khusus pada yang terkandung dalam buku himne dari negara-negara berbahasa Inggris, dan sekarang dalam Penggunaan Umum; bersama dengan pemberitahuan biografis dan kritis dari penulis dan penerjemahnya, dan artikel sejarah tentang himne nasional dan denominasi, brevir, misa, primer, Mazmur, Urutan , &c., &c., &c. Dua singkatan umum adalah DoH dan Julian.

Dia sangat menghargai karyanya: dalam surat wasiatnya dia menggambarkannya sebagai sebuah karya yang 'menghabiskan banyak waktu dan kerja keras'. Dalam kata pengantarnya ia mengklaim bahwa untuk mencapai 'keakuratan teknis yang sangat kecil', segala sesuatunya diteliti dengan cermat, sehingga 'Pencapaian tujuan ini sering kali menuntut, untuk produksi satu halaman saja, waktu dan perhatian sebanyak mungkin. biasanya dihabiskan untuk seratus halaman sejarah atau kritik biasa.' Sepuluh ribu manuskrip telah dikonsultasikan; itu melibatkan kontribusi 43 orang lainnya serta Julian sendiri; dan lebih dari seribu orang menulis surat kepada Julian untuk membantunya dalam penelitiannya di bidang yang, menurut Julian, berjumlah lebih dari 400.000 himne. Penelitian dan pencapaiannya benar-benar luar biasa, dan Kamusnya tetap menjadi yang terdepan dalam penelitian hymnologis selama lebih dari seratus tahun.

Ia juga menulis Concerning Hymns (1874), History of the Use of Hymns in Public Worship, and Their Proper Characteristics (1894), dan Carols, Ancient and Modern (1900).[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hayden, Andrew. British Hymn Writers and Composers: A Check-list. Croydon, England: Hymn Society of Great Britain & Ireland, 1977.
  2. ^ Julian, John (June 1907). A Dictionary of Hymnology. London: John Murray. 
  3. ^ Giles, Gordon. "Julian, John". Oxford Dictionary of National Biography (edisi ke-online). Oxford University Press. doi:10.1093/ref:odnb/98161.  berlangganan atau keanggotan Perpustakaan Umum Britania Raya diperlukan
  4. ^ Grindal, Gracia (2016). "The Canterbury Dictionary of Hymnology". Johns Hopkins University. Diakses tanggal 9 May 2020. 
  5. ^ "Ecclesiastical intelligence". The Times (36603). London. 4 November 1901. p. 8. 
  6. ^ Adams, Dick. "John D. Julian". Cyber Hymnal. Diakses tanggal 2007-02-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]