John Herrington

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

John Bennett Herrington
Herrington pada November 2009
Lahir(1958-09-14)14 September 1958
Wetumka, Oklahoma, A.S.
StatusRetired
KebangsaanAmerican
Pekerjaanpilot angkatan laut A.S., pilot tes
Karier luar angkasa
NASA Astronaut
PangkatKomandan, USN
Waktu di luar angkasa
13d 18h 47m[1]
SeleksiGrup NASA 1996
MisiSTS-113
Lambang misi

John Bennett Herrington (kelahiran 14 September 1958) adalah seorang pensiunan aviator angkatan laut Amerika Serikat dan mantan astronaut NASA. Pada 2002, Herrington menjadi anggota pertama dari Amerika Asli yang pergi ke luar angkasa. (William R. Pogue adalah keturunan Choctaw dan seorang kru di Skylab 4 pada 1973–1974, tetapi ia bukanlah anggota Choctaw.)

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Herrington lahir di Wetumka, Oklahoma. Ia tumbuh di Colorado Springs, Colorado, Riverton, Wyoming, dan Plano, Texas, dimana ia lulus dari Sekolah Tinggi Senior Plano. Ia meraih gelar sarjana dalam bidang matematika terapan dari Universitas Colorado Colorado Springs sebelum masuk Angkatan Laut Amerika Serikat pada 1984.

Sebagai penghargaan warisan Amerika Asli-nya, Herrington, seorang anggota dari Negara Chickasaw, menancapkan bendera Negara Chickasaw selama perjalanan tiga belas harinya di luar angkasa. Bendera tersebut diwakilkan untuknya oleh Gubernur Negara Chickasaw Bill Anoatubby.

Referensi[sunting | sunting sumber]

 Artikel ini berisi bahan berstatus domain umum dari National Aeronautics and Space Administration dokumen "Astronaut Bio: John Bennett Herrington (8/2005)" (diakses 15 Januari 2012).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]