John Dominic Crossan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

John Dominic Crossan
Lahir17 Februari 1934 (umur 90)
Nenagh, Co. Tipperary, Irlandia
KebangsaanIrlandia, Amerika
PekerjaanTeolog, sarjana, mantan pendeta
Suami/istriMargaret Dagenais (1969–1983)
Sarah Sexton (1986–sekarang)

John Dominic Crossan (lahir 17 Februari 1934)[1] adalah seorang sarjana Perjanjian Baru, sejarawan gereja perdana, dan mantan pendeta Katolik Irlandia-Amerika yang memproduksi karya-karya populer dan terpelajar. Penelitiannya berfokus pada Yesus dalam sejarah, antropologi Mediterania Kuno dan dunia Perjanjian Baru dan aplikasi pendekatan hermenetikal pasca-modern terhadap Alkitab.

Karya tulis[sunting | sunting sumber]

Who Killed Jesus?[sunting | sunting sumber]

Who Killed Jesus? ditulis oleh Crossan untuk membuktikan bahwa pemahaman tentang pembunuhan Yesus oleh kaum Yahudi merupakan pemikiran yang salah dan berbahaya. Buku ini juga memberikan pertanyaan-pertanyaan teologis yang meragukan kebenaran dari penebusan Yesus atas dosa-dosa umat manusia. Selain itu, buku ini juga mempertanyakan dampak terhadap keimanan Kristen jika sebenarnya Yesus tidak dibangkitkan dari kematian.[2]

Dalam bukunya ini, Crossan juga membuktikan bahwa penyaliban dan kebangkitan Yesus hanyalah sebuah cerita yang dikarang oleh para misionaris. Sementara kejadian aslinya adalah sebuah fiksi. Crossan menyatakan bahwa cerita tersebut dibuat hanya untuk memenuhi kepentingan misi Kristen.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Official website, Diary showing 14th birthday Diarsipkan 2016-04-07 di Wayback Machine., Diakses pada 2 April 2013.
  2. ^ Husaini 2005, hlm. 52-53.
  3. ^ Husaini 2005, hlm. 53.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Husaini, Adian (2005). Wajah Peradaban Barat: Dari Hegemoni Kristen ke Dominasi Sekuler Liberal. Jakarta: Gema Insani. ISBN 978-602-250-517-4. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]